Cara Mengendarai Mobil Yang Baik Ketika Hujan Deras

By | October 27, 2015

Cara Mengendarai Mobil Yang Baik Ketika Hujan Deras – Hujan yang deras merupakan salah satu bagian yang sering dihadapi oleh pengendara mobil. Mengendarai mobil pada saat tidak hujan dan pada saat hujan deras tentunya berbeda. Proses mengendarai mobil pada saat hujan deras tentu membutuhkan kewaspadaan yang lebih tinggi dibandingkan ketika mengendarai mobil di saat tidak hujan.

Mengendarai mobil di saat hujan deras tentunya memiliki resiko yang cukup tinggi. Dengan melakukan beberapa hal yang baik tentunya akan mengurangi resiko kecelakaan pada proses pengendaraan mobil. Banyak hal yang perlu diperhatikan pada saat kita mengendarai mobil pada saat hujan, apalagi jika hujan tersebut turun dengan deras.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi tips mengenai cara mengendarai mobil yang baik ketika hujan turun dengan terasa. Apabila anda menerapkan tips yang akan saya jabarkan pada kesempatan kali ini maka diharapkan anda bisa mengendarai mobil dengan lebih nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Mengendarai Mobil Yang Baik Ketika Hujan Deras

Cara Mengendarai Mobil Yang Baik Ketika Hujan Deras

Cara mengendarai mobil yang baik pada saat hujan deras:

  1. Pilihlah area yang ada di bagian tengah apabila anda sedang berkendara di jalan tol. Hal tersebut dikarenakan biasanya jalan paling tengah merupakan bagian yang tinggi dan tentunya tidak ada genangan airnya.
  2. Sangat disarankan untuk menyalakan lampu depan, karena dengan lampu depan yang menyala maka akan mempermudah pengendara lain untuk mengetahui posisi keberadaan mobil anda. Di samping itu tentunya dengan adanya lampu depan maka kita akan bisa dibantu untuk menghilangkan menembus kabut apa bila memang hujan tersebut cukup deras yang menimbulkan adanya kabut.
  3. Sangat disarankan juga untuk memperpanjang jarak antara mobil anda dengan mobil pengendara lain baik yang ada di depan maupun di belakang anda. Selalu perhatikan lampu rem mobil yang ada di depan anda. Begitu juga pada kondisi mobil dibelakang anda. Apabila mobil yang ada dibelakang anda kebetulan juga menyalakan lampu depan maka tentunya anda bisa memperkirakan jarak yang terbaik pada mobil anda dan mobil di belakang anda.
  4. Selalu kontrol emosi anda dan jagalah kondisi kecepatan mobil anda dalam kondisi pelan. Selalu ingat bahwa mengerem pada kondisi hujan akan lebih sulit dibandingkan dengan mengerem pada kondisi jalan yang kering. Apabila anda terlalu cepat dalam memacu mobil, maka tentunya anda akan lebih sulit untuk menghentikan mobil dalam kondisi mendadak.
  5. Selalu reflek untuk menghadapi kondisi jalan yang tergenang air. Kurangi kecepatan mobil anda pada saat menerjang genangan air. Apabila anda menemukan genangan air yang terlalu dalam, maka alangkah baiknya anda memutar atau memilih bagian jalan yang tidak ada genangan airnya. Bahkan apabila tidak memungkinkan anda bisa berbalik arah untuk menghindari mogoknya mobil anda akibat menerjang genangan air yang terlalu dalam.
  6. Jangan paksakan untuk menerjang air yang melewati jalan dalam kondisi bergerak. Apalagi jika air yang mengalir di atas jalan raya tersebut cukup deras dan bagian tepi dari jalan tersebut tidak ada pembatasnya. Karena ada kemungkinan mobil anda terbawa oleh gerakan air yang ada di atas jalan raya tersebut. Tentunya kita akan tidak bisa memprediksi seberapa kuat gerakan air yang ada di jalan raya mempengaruhi gerakan mobil anda.
  7. Gantilah wiper mobil anda dengan yang baru apabila kondisinya memang sudah lama. Dan sangat disarankan juga untuk mengganti wiper mobil anda dengan wiper yang bagus. Apabila anda mengganti wiper mobil dengan harga yang murahan maka tentunya akan membuat kondisi mobil anda menjadi lebih buruk.
  8. Pastikan bahwa mobil anda masih dalam kondisi bagus dan tidak gundul. Apabila memang sudah gundul, maka lekaslah ganti ban mobil anda tersebut. Hal tersebut dikarenakan proses pengereman mobil pada kondisi ban yang sudah gundul akan lebih sulit dan sangat berpotensi untuk selip atau tergelincir.
  9. Pertimbangkan untuk membawa starter portable pada mobil anda. Hal tersebut untuk mengatasi dan mengantisipasi apabila aki yang ada di dalam mobil anda mengalami gangguan. Apabila aku yang ada di dalam mobil anda terkena air dan ternyata bermasalah maka tentunya anda bisa menyalakan mobil menggunakan bantuan starter portable tersebut.

Demikianlah tutorial mengenai cara mengendarai mobil yang baik dan benar ketika hujan sedang menerjang dengan terasa. Mudah-mudahan tutorial diatas bisa kita semua praktekkan pada saat berkendara mobil supaya kita bisa memaksimalkan kondisi mobil kita dan menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan pada saat berkendara. Terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mengendarai Mobil Yang Baik Ketika Hujan Deras was last modified: October 27th, 2015 by admin