Cara Menginstal Windows 7 Menggunakan Flashdisk Pada Laptop

By | April 19, 2017

Bagi anda para pengguna netbook atau laptop yang belum dilengkapi dengan CD-ROM, maka panduan singkat mengenai cara menginstal windows 7 menggunakan flashdisk berikut ini tentu akan sangat bermanfaat bagi anda. Karena biasanya menginstal windows menggunakan CD/DVD maka hal tersebut tak bisa dilakukan pada netbook atau laptop yang tak disertai dengan CD-ROM. Sebenarnya bisa juga dengan menggunakan CD-ROM eksternal namun jika belum dan harus membelinya pasti akan membuat kita berfikir dua kali karena harganya yang mahal. Tapi tenang, masih ada solusi lain yakni menginstal windows 7 menggunakan flashdisk.

Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk Secara Manual

cara menginstal windows 7 menggunakan flashdisk

cara menginstal windows 7 menggunakan flashdisk ini bisa anda digunakan untuk Windows XP atau Windows 7, dan bisa dilakukan ke berbagai jenis Hardisk baik Laptop, Komputer, ataupun Netbook. Sebelum menginstal Windows 7 dari Flashdisk maka anda harus menyiapkan Flashdisk yang sudah terinstall Windows di dalamnya, yang akan dijadikan Windows 7 Flashdisk Installer. Flashdisk yang digunakan minimal berukuran 4 Gb untuk instal Windows 7. Siapkan juga sumber Windows 7 bisa dari DVD atau HDD dan juga Software yang untuk mentransfer windows, misalnya Wintoflash.

cara menginstal windows 7 menggunakan flashdisk yang pertama adalah mentransfer Windows installer ke Flashdisk. Karena netbook atau laptop anda tak ada CD-ROMnya maka proses ini bisa dilakukan menggunakan komputer atau laptop yang ada CD-ROMnya, solusinya bisa dilakukan di warnet. Caranya jalankan aplikasi Wintoflash, dan saat Pertama kali dijalankan, akan muncul konfirmasi persetujuan, pilih “I Accept” kemudian “Next” sampai ada tampilan “Windows Setup Transfer Wizard” selanjutnya pilih tab “Advanced Mode”, selanjutnya untuk Windows 7 pilih Transfer Windows Vista/2008/7/8 setup to USB drive, lalu klik “Create”. Pilih drive sumber Windows yakni dari CD/DVD Windows serta drive flashdisk yang akan ditransfer.

cara menginstal windows 7 menggunakan flashdisk selanjutnya klik Run, lalu tunggu beberapa menit hingga proses transfer selesai, jika sudah selesai langsung exit saja, dan Flashdisk telah terinstall Windows dan siap digunakan. Lalu masukkan Flashdisk Ke Laptop atau Netbook anda sebelum dinyalakan. Kemudian nyalakan Laptop, lalu masuk ke “Setup Menu” dengan cara menekan F2, atau untuk beberapa laptop lain, mungkin akan sedikit berbeda yakni dengan menekan Esc, Del, F1 atau F10.

cara menginstal windows 7 menggunakan flashdisk selanjutnya pilih setting Boot Pertama agar ke Flashdisk, lalu Exit dan Save, maka Netbook atau Laptop akan melakukan Restart. Selanjutnya instalasi Windows otomatis berjalan seperti pada biasanya selayaknya instalasi menggunakan DVD installer. Apabila instalasi Windows sudah selesai, Netbook atau laptop akan Restart, saat itu langsung cabutlah Flashdisk agar tak terjadi pengulangan Setup Windows, selanjutnya Windows akan berjalan sendirinya untuk Instalasi Lanjutan atau Finalizing Instalation.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Menginstal Windows 7 Menggunakan Flashdisk Pada Laptop was last modified: March 31st, 2016 by admin