Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM

By | November 30, 2014

RAM atau Random Acces Memory merupakan sebuah komponen di dalam komputer yang mempunyai fungsi menyimpan data sementara sebelum di olah oleh prosesor. Namun seiring dengan perkembangan sistem operasi dan aplikasi, kebutuhan akan kapasitas RAM semakin besar. Sehingga terkadang membuat komputer dengan RAM terbatas mengalami permasalahan, misalnya munculnya pesan low memory. Jika anda mengalami masalah seperti itu, maka tidaklah perlu berkecil hati, karena hal tersebut bisa ditangani dengan menggunakan flashdisk. Lalu bagaimana cara mengubah flashdisk menjadi RAM? Silahkan ikuti terus artikel menarik berikut ini.

Memang tidak akan menjadi masalah ketika komputer yang anda gunakan merupakan komputer generasi terbaru, yang notabennya sudah membawa RAM dengan kapasitas yang cukup besar, misalnya 4 gigabyte ke atas. Namun akan menjadi masalah jika komputer yang anda gunakan merupakan komputer lawas yang hanya membawa RAM sebesar 512 megabyte, namun di dalamnya harus menjalankan sistem operasi windows 7 atau windows 8 serta beberapa aplikasi besar, misalnya software adobe photoshop ataupun adobe flash serta autodesk 3d studio max.

Tentunya untuk menjalankan progRAM aplikasi diatas, harus disiapkan kapasitas RAM yang cukup besar. Flashdisk adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk membuat RAM virtual dengan kecepatan yang mendekati RAM asli.hal tersebut tentu berbeda dengan istilah virtual memory, yang dibuat oleh windows secara otomatis ketika kapasitas RAM utama sudah tidak mampu lagi menyimpan data yang akan diolah.

Karena dibuat di harddisk, maka virtual memory sebagai RAM virtual memiliki kecepatan yang sangat jauh dibandingkan dengan RAM asli. Disamping itu virtual memory sebagai cadangan RAM tentunya akan mengurangi kapasitas hardisk itu sendiri yang tentunya akan membuat setidaknya space hardisk yang digunakan untuk menyimpan data menjadi berkurang.

Baiklah, untuk membuat virtual RAM dengan mengubah atau membuat flashdisk menjadi RAM kita hanya membutuhkan software kecil yang namanya eboostr. Software kecil ini memiliki fungsi yang cukup bagus, yaitu mengubah flashdisk menjadi RAM. Apalagi jika anda memiliki flashdisk dengan kapasitas yang cukup besar, maka tentunya akan sangat bagus digunakan untuk dijadikan RAM secara virtual.

Kecepatan yang didapat dari RAM yang didapat dengan mengubah flashdisk ini juga cukup tinggi. Kecepatan yang didapat dari RAM yang berasal dari flashdisk tersebut bisa mendekati kecepatan RAM asli dan sangat jauh berbeda dengan virtual memory yang dihasilkan oleh harddisk.

Bagi anda yang ingin mencoba mengubah flashdisk menjadi RAM bisa mendownload aplikasi eboostr di:

http://www.eboostr.com/download

​Untuk menggunakan aplikasi eboostr ini juga cukup mudah. Anda cukup melakukan instalasi seperti biasa pada aplikasi eboostr tersebut. Setelah selesai melakukan instalasi eboostr komputer akan melakukan restart. Setelah restart akan dimunculkan dialog pemilihan alat atau media penyimpanan yang akan digunakan sebagai RAM yang berasal dari flashdisk. Langkah terakhir adalah anda menunjukkan seberapa besar kapasitas flashdisk yang akan digunakan sebagai RAM.

Untuk sementara sekian dulu tutorial yang bisa di sampaikan pada artikel kali ini. Semoga anda yang memiliki komputer dengan kapasitasnya RAM masih kecil, bisa terbantu dengan apa yang saya sampaikan kali ini. Atau bagi anda yang memiliki flashdisk dengan ukuran cukup besar namun sedang tidak digunakan mungkin bisa dimanfaatkan untuk menambah performa komputer anda.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM was last modified: January 3rd, 2015 by admin