Cara Menjaga Supaya Ban Sepeda Motor Tetap Awet

By | November 5, 2015

Cara menjaga supaya ban sepeda motor tetap awet – Ban pada sepeda motor memang sulit untuk diprediksi umurnya. Kadangkala apabila kita sedang beruntung, yang ada di sepeda motor kita akan sangat awet. Namun kadangkala juga ketika kita tidak beruntung maka ban yang ada pada sepeda motor kita akan sangat cepat habis. Belum lagi resiko dimana kadang kala ban yang ada pada sepeda motor kita mengalami kebocoran.

Banyak hal yang mempengaruhi kondisi ban sepeda motor. Baik kondisi internal maupun kondisi eksternal. Dengan mengetahui bagaimana cara kita merawat ban, maka umur dari ban sepeda motor kita akan lebih awet. Ban merupakan bagian yang sangat vital dan sangat mempengaruhi performa dan kenyamanan dalam berkendara. Apabila ban dalam kondisi bagus, maka tentunya kegiatan berkendara kita akan sangat nyaman.

Namun apabila kondisi badan sudah tidak bagus lagi, misalnya sudah melengkung atau benjol maka tentunya kegiatan berkendara kita sudah tidak nyaman, bahkan sangat berpotensi untuk menimbulkan kecelakaan. Makanan yang tidak sesuai pada ban juga berpengaruh. Tekanan yang terlalu tinggi akan membuat sepeda motor kita menjadi kasar, begitu juga sebaliknya apabila tekanan yang ada di dalam ban terlalu sedikit maka akan membuat sepeda motor sulit dikendalikan.

Cara Menjaga Supaya Ban Sepeda Motor Tetap Awet

Cara Menjaga Supaya Ban Sepeda Motor Tetap Awet

Berbagai macam kerusakan bisa timbul pada ban sepeda motor, diantaranya adalah:

  1. Kebocoran pada ban. Permasalahan ini adalah permasalahan yang paling sering muncul pada sepeda motor. Memang ada banyak sumber permasalahan penyebab dari kebocoran pada ban. Kebocoran pada ban bisa disebabkan oleh pentil yang kendor. Anda bisa mencoba menganalisa kebocoran pada pentil ban dengan cara memberikan cairan ke dalam bagian pentil ban tersebut. Apabila air tersebut menggelembung dan akhirnya pecah maka bisa dipastikan bahwa sumber kebocoran ban tersebut berasal dari pentil. Namun apabila hasil pengujian tersebut tidak ada respon apapun, maka bisa dipastikan kebocoran tersebut berasal dari bagian ban dalam sepeda motor yang terkoyak atau tertusuk.
  2. Keausan ban yang tidak wajar. Penyebab dari keausan ban yang tidak wajar biasanya disebabkan karena muatan pada sepeda motor yang terlalu berat. Sehingga akan membuat ban sepeda motor menjadi kandas. Oleh sebab itu sebelum anda mengangkat beban berat pada sepeda motor, pastikan tekanan udara pada ban sepeda motor anda telah cukup. Apabila dirasa kurang, maka isilah angin terlebih dahulu pada ban tersebut. Tekanan udara pada ban yang kurang tentunya akan membuat ban sepeda motor lebih mudah terkoyak atau tertusuk benda tajam.
  3. Ban yang sudah berputar dengan tidak teratur. Hal tersebut dikarenakan medan yang cukup berat dilalui pada ban sepeda motor tersebut. Apabila anda terpaksa sering melewati medan yang tidak rata dan berat, maka usahakan anda menguatkan tekanan udara pada ban sepeda motor. Hal tersebut bertujuan untuk menstabilkan proses pengendalian sepeda motor.
  4. Jarak tempuh pada sepeda motor juga sangat mempengaruhi umur ban. Anda bisa menyesuaikan motif dari ban yang digunakan apabila anda sering menggunakan sepeda motor untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Akan lebih awet dibandingkan dengan motif lainnya guna menempuh perjalanan yang cukup jauh.
  5. Terlalu sering melakukan pengereman mendadak juga akan sangat mempengaruhi umur ban. Apalagi jika proses pengereman tersebut dilakukan secara mendadak bahkan membuat ban sepeda motor terkunci. Tentunya hal tersebut akan menimbulkan kerusakan yang cukup keras antara ban dengan jalan raya. Hasilnya adalah akan tergerusnya bagian ban yang langsung bersinggungan dengan jalan raya tersebut.

Demikianlah sedikit tutorial mengenai penyebab dari ban cepat habis dan juga bagaimana cara menjaga supaya ban sepeda motor tetap awet. Mudah-mudahan artikel di atas bisa berguna dan bermanfaat serta dapat menambah wawasan anda sekalian. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Menjaga Supaya Ban Sepeda Motor Tetap Awet was last modified: October 27th, 2015 by admin