Cara Modifikasi Power Amplifier

By | December 30, 2014

Amplifier merupakan salah satu alat yang dipakai untuk menguatkan suara sehingga suara hasil pengolahan akan dikeraskan. Bagian yang berfungsi untuk menguatkan secara penuh ada di power amplifier. Semakin tinggi kekuatan power amplifier, maka harga dari amplifier itu sendiri akan semakin mahal. Oleh sebab itulah, daripada kita membeli power amplifier yang terlalu mahal, lebih baik kita memodifikasi power amplifier dengan watt standar tapi nantinya bisa menghasilkan daya yang lebih tinggi dan nada bass yang lebih mantap.

Pada artikel kali ini saya akan mencoba mengambil contoh cara modifikasi power amplifier ocl 150 watt.  Power amplifier jenis ini merupakan power amplifier yang cukup banyak digunakan di kalangan pecinta elektronika. Pada teknik modifikasi power amplifier yang akan saya bahas bisa menghasilkan power amplifier setara dengan 400 watt sampai dengan 450 watt.

Tentunya kita bisa sangat berhemat dengan hasil seperti itu. Harga power amplifier 400 watt sangat jauh di atas harga power amplifier 150 watt. Untuk biaya modifikasi power amplifier dari 150 watt hingga didapat daya power amplifier sampai dengan 400 watt tidaklah terlalu mahal. Biaya ini masih lebih murah dibandingkan selisih harga antara power amplifier 400 watt dengan 150 watt.

Dibawah ini adalah cara modifikasi power amplifier yang bisa anda coba:

  • Langkah pertama adalah dengan mengganti ukuran 4 buah elco yang berada di bagian power amplifier 150 watt. 4 buah elko tersebut ukurannya pada umumnya adalah 47 mikro farad 50 volt. Silahkan ganti elko tersebut dengan ukuran yang lebih besar yaitu 100 microfarad 100 volt.
  • Langkah kedua anda perlu mengganti transistor dengan seri tr bd 139-140. Gantilah seri transistor tr bd 139-140 dengan seri transistor TIP 31 – TIP 32. Jika kita tidak dapat menemukan seri transistor TIP 31 – TIP 32,  maka kita bisa menggunakan transistor dengan seri TIP 41-TIP 42. Masih cukup kesulitan mencari transistor seri tersebut ? Silahkan anda ganti dengan seri B507-D313.
  • Langkah ketiga anda bisa mengganti kapasitor miliar yang semula  tipenya 104N diganti dengan 154N atau 200N.
  • Berikutnya adalah dengan melepas 2 buah dioda yang ada di pcb.
  • Lanjutkan pekerjaan anda dengan melepas komponen transistor Tr A564.
  • Selanjutnya silahkan anda hubungkan jalur pada bagian emitor dan kolektor, atau anda juga bisa memasang resistor dengan hambatan 12 kilo ohm.
  • Terakhir adalah dengan mengganti beberapa resistor dengan ukuran yang berbeda, yaitu silahkan ganti resistor 560 ohm dengan 220 ohm, 33 kiloohm dengan 47 kiloohm, 330 ohm dengan 390 ohm dan terakhir 100 kiloohm diganti 10 kiloohm.

Selesai sudah cara modifikasi power amplifier pada kesempatan kali ini. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah ini:

Cara Modifikasi Power Amplifier

Semoga tutorial di atas mengenai cara modifikasi power amplifier bisa bermanfaat bagi anda semuanya, terutama bagi anda yang kemarin melakukan modifikasi pada rangkaian elektronika.
 

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Modifikasi Power Amplifier was last modified: December 30th, 2014 by admin