Cara Modifikasi UPS

By | December 27, 2014

UPS standar rata-rata hanya mampu memberikan back up daya listrik pada komputer sekitar 5 menit sampai dengan 10 menit. Angka tersebut merupakan angka yang terlalu kecil bagi pengguna komputer yang menggunakan komputer untuk bekerja sehari hari. Oleh sebab itu dibutuhkan cara modifikasi UPS supaya bisa bertahan lebih lama dalam memberikan daya ke komputer.

Cara modifikasi UPS supaya mampu bertahan lebih lama dalam memberikan daya komputer bisa dikategorikan cukup mudah. Dengan sedikit mengetahui sistem kerja dari UPS maka dengan mudah kita bisa memodifikasi UPS tersebut.

Sumber daya pada UPS terletak pada baterai yang ada di dalamnya. Semakin besar kapasitas penyimpanan dari baterai UPS maka akan semakin lama UPS tersebut memasak listrik ke komputer. Hanya sayangnya baterai UPS sangat dibatasi kemampuan kapasitasnya. Secara umum baterai UPS hanya mampu menyimpan arus sebesar 5 ampere sampai dengan 7.5 ampere.

Berdasarkan kemampuan penyimpanan baterai UPS itulah kita bisa melakukan modifikasi. Secara umum,memodifikasi UPS adalah dengan mengganti baterai yang ada di dalam nya. Kita bisa mengganti baterai UPS dengan baterai jenis apapun. Yang penting tegangan kerja dari baterai tersebut adalah sama dengan baterai yang diganti.

Pada modifikasi UPS biasanya menggunakan jenis baterai basah yang banyak disediakan di toko otomotif. Biasanya mereka menggunakan aki dengan ukuran kapasitas antara 40 ampere sampai dengan 80 ampere. Dengan kapasitas sebesar itu tentunya UPS mampu memberikan backup daya listrik ke komputer dengan waktu yang lebih lama.

Namun, sekali lagi yang perlu diperhatikan adalah tegangan kerja antara baterai yang diganti dengan baterai pengganti haruslah sama. Sementara, untuk besarnya arus yang bisa disimpan di baterai tersebut tidak akan menjadi masalah walaupun di ganti dengan ukuran yang lebih besar. Sebagai kuncinya, semakin besar kapasitas penyimpanan arus dari sebuah baterai, maka akan semakin lama UPS tersebut bisa bertahan memberikan daya ke komputer.

Beberapa cara memodifikasi UPS bisa disimak pada tutorial dibawah ini:

  • Persiapkan seluruh alat yang dibutuhkan untuk memodifikasi UPS, mulai dari obeng, tang dan juga baterai pengganti.
  • Buka casing UPS. Perhatikan bagian baterai yang ada di dalamnya. Pada bagian baterai tersebut akan terdapat dua kabelyang terpasang ke baterai. Kabel tersebut biasanya berwarna merah dan hitam. Kabel merah untuk tegangan positif sedangkan kabel hitam untuk tegangan negatif.
  • Karena baterai pengganti yang kita gunakan tidak mungkin bisa dimasukkan ke dalam casing UPS, maka kita harus membuat kabel perpanjangan dari kabel yang semula terpasang di baterai UPS.
    Silahkan anda sambungkan kabel perpanjangan ke bagian kabel yang tadinya tersambung pada bagian baterai UPS.
  • Anda bisa membuat lubang kecil pada casing UPS sebagai tempat keluarnya kabel perpanjangan tadi.
  • Setelah itu sambungkan kabel perpanjangan tadi materai baru yang sudah anda siapkan. Jangan sampai terbalik kutubnya. Kapal warna merah dihubungkan ke kutub positif sedangkan kabel warna hitam dihubungkan ke kutub negatif.
  • Setelah selesai anda bisa lakukan uji coba UPS dengan baterai baru.
  • Silahkan lakukan pengecasan terlebih dahulu pada baterai baru tersebut sampai benar-benar penuh. 
  • Setelah penuh lakukan uji coba seberapa lama baterai baru itu bisa membackup kebutuhan daya komputer ketika listrik padam. Caranya yaitu anda cukup mencabut kabel power UPS tersebut.

Demikianlahcara modifikasi UPS yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga tutorial diatas bisa bermanfaat bagi anda, terutama bagi yang sekarang sedang mencari cara modifikasi UPS supaya bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan UPS dengan baterai standar.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Modifikasi UPS was last modified: December 27th, 2014 by admin