Cara Mudah Berkendara Sepeda Motor Menerobos Banjir

By | November 28, 2015

Cara mudah berkendara sepeda motor menerobos banjir – Mengendarai sepeda motor di saat banjir merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Apalagi bagi mereka yang jarang mengendarai sepeda motor melewati genangan air yang cukup tinggi. Pada saat kita berkendara sepeda motor menerobos banjir tentunya dibutuhkan teknik tertentu supaya sepeda motor kita bisa melewati banjir dengan aman tanpa mengalami kerusakan mesin atau mati mendadak.

Apabila kita sudah bisa berkendara sepeda motor menerobos banjir, tentunya kita tidak perlu lagi menunggu air surut sehingga kita tidak perlu lagi membuang waktu secara percuma. Untuk bisa berkendara sepeda motor menerobos banjir sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Dengan teknik tertentu yang akan saya jabarkan pada kesempatan kali ini, anda bisa langsung mempraktekkannya. Intinya kita hanya perlu keberanian untuk menguji coba teknik berkendara pada saat air tergenang air dengan ketinggian yang cukup dalam.

Cara Mudah Berkendara Sepeda Motor Menerobos Banjir

Cara Mudah Berkendara Sepeda Motor Menerobos Banjir

Cara mudah berkendara sepeda motor menerobos banjir adalah sebagai berikut:

  1. Apabila anda menggunakan motor dengan kopling, maka anda bisa memainkan setengah kopling. Maksudnya adalah anda bisa menarik setengah kopling sambil menarik puaskah supaya perputaran mesin menjadi tetap stabil dalam putaran yang cukup tinggi. Hal tersebut tentunya bertujuan agar air tidak bisa masuk lewat knalpot.
  2. Namun apabila kebetulan sepeda motor anda tidak menggunakan kopling dan merupakan tipe bebek atau matic, cara menerobos genangan air yang cukup tinggi adalah dengan cara menurunkan gigi pada posisi paling rendah yaitu gigi satu, lalu menarik gas dan menjaganya tetap stabil tanpa menurunkannya. Pada tahap ini tanda dilarang untuk mengurangi dan menambah besarnya gas mesin pada sepeda motor. Karena apabila hal tersebut anda lakukan maka sebenarnya anda memberikan kesempatan kepada air untuk bisa masuk lewat knalpot apabila genangan air tersebut sudah cukup dalam.
  3. Apabila anda terlanjur tidak berhasil melewati banjir, dan motor anda mengalami mogok, maka untuk mengatasi hal tersebut anda bisa membuang air yang masuk ke dalam mesin. Cara paling mudah adalah dengan mengangkat roda bagian depan.
  4. Apabila cara mengeluarkan air yang berhasil masuk lewat knalpot di atas tidak berhasil, maka langkah terakhir adalah dengan membuka tempat mengeluarkan tap dengan tujuan mengeluarkan air yang sudah tercampur dengan oli.
  5. Dan langkah yang terakhir apabila anda tidak berhasil menyelesaikan masalah motor yang sudah terlanjur mogok akibat menerjang banjir adalah dengan cara membawa ke bengkel terdekat.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara mudah berkendara sepeda motor menerobos banjir dengan aman dan selamat. Mudah-mudahan artikel di atas bisa bermanfaat bagi anda, dan anda mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi dalam berkendara sepeda motor. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mudah Berkendara Sepeda Motor Menerobos Banjir was last modified: November 26th, 2015 by admin