Cara Mudah Bermain Dan Belajar Catur

By | October 22, 2015

Cara Mudah Bermain Dan Belajar Catur – Catur adalah salah satu jenis permainan sekaligus olahraga yang sangat menyenangkan. Bermain catur sama saja dengan mengasah keterampilan serta logika otak kita. Dengan kita sering bermain catur, makalah kemampuan berkonsentrasi kita juga akan semakin meningkat. Oleh sebab itulah bermain catur merupakan salah satu solusi yang efektif dalam proses meningkatkan kecerdasan otak kita.

Bermain catur juga tidaklah terlalu sulit. Aturan aturan yang ada di permainan catur merupakan aturan yang mudah dipahami. Ketika kita sering bermain catur maka kita akan lebih cepat dalam belajar untuk menguasai permainan catur tersebut. Aturan dan cara bermain catur itulah yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini.

Cara Mudah Bermain Dan Belajar Catur

Catur merupakan sebuah olahraga ataupun permainan yang dimainkan oleh dua orang. Pada permainan catur terdapat berbagai macam jenis bidak atau media yang dijalankan, di mana media tersebut terdiri dari 2 banteng, 8 buah pion, 2 buah gajah, 2 buah kuda, 1 menteri serta tentunya 1 raja.

Pada permainan catur, pemain berjalan bergantian. Masing-masing saling berlomba untuk memakan ataupun menghabiskan jumlah bidak yang dimiliki oleh lawannya. Semakin banyak dia memakan bidak lawan berarti besar kemungkinan dia akan memenangkan permainan. Bagi anda yang pada saat ini mau belajar bermain catur, maka silahkan anda ikuti terus panduan ataupun artikel ini.

Aturan yang dimiliki di dalam permainan catur, dalam hal bagaimana cara menjalankan bidak adalah sebagai berikut:

  1. Pion hanya dapat melangkah dua kotak pada langkah pertama raja. Setelah langkah kedua dan seterusnya, maka pion hanya boleh melangkah ataupun bergerak satu kotak ke depan terhenti tidak boleh bergerak ke belakang. Apabila pion ingin memakan pion lawan, maka posisinya adalah bergerak secara diagonal. Tentunya pion bisa memakan lawan ketika sudah berada di sebelah pion kanan ataupun sebelah pion kiri secara diagonal.
  2. Kemudian untuk benteng bisa melangkah secara bebas baik secara vertikal maupun secara horizontal, namun pergerakan banteng tidak boleh melompati bidak yang lain.
  3. Selanjutnya untuk kuda boleh melangkah seperti bentuk dari huruf L, dimana pergerakan tersebut adalah melangkah sepanjang 2 kotak, lalu berbelok baik ke kanan maupun ke kiri selebar 1 kotak. Kuda ini bisa bergerak dengan cara melompati bidak yang lainnya. Kuda ini juga yang merupakan satu-satunya bidak dimana dia bisa bergerak untuk bisa melompati bidak yang lain.
  4. Selanjutnya untuk gajah, dia itu hanya bisa melangkah secara bebas dalam pergerakan diagonal.
  5. Bagian yang lain adalah menteri di mana dia bisa melangkah bebas,artinya dia bisa melangkah bebas ke arah mana saja, baik bergerak secara vertikal, bergerak secara horizontal, bahkan bergerak secara diagonal.
  6. Raja bisa melangkah secara bebas pergerakan yang dimiliki oleh menteri. Hanya yang menjadi batasan dari pergerakan raja adalah dia hanya boleh bergerak sejauh satu kotak saja.

Itulah beberapa aturan pergerakan bidak di dalam permainan catur. Pergerakan tersebutlah yang harus anda kerjakan pada saat kita bermain catur, karena pergerakan tersebut merupakan pergerakan standar yang sudah menjadi aturan baku di dalam permainan catur.

Berikutnya kita akan membahas berbagai macam kondisi ataupun langkah di dalam permainan catur. Ada beberapa hal yang dijadikan sebagai sebuah istilah ataupun langkah di dalam permainan catur, yaitu:

  • Kondisi en passant, adalah sebuah kondisi dimana ada pion lawan yang berada segaris dengan pion kita di mana yang kita miliki merupakan yang baru pertama kali berjalan 2 langkah. Kemudian pion lawan tersebut memakan pion yang kita miliki.
  • Rokade, merupakan satu buah kondisi dimana benteng dan raja dapat bertukar tempat atau posisi. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya bisa melakukan rokade, yaitu: Sebelumnya benteng dan raja tidak pernah digerakkan atau digeser, diantara benteng dan raja tidak terdapat bidak yang menghalangi, dan kondisi raja tidak dalam kondisi skak, artinya kondisi raja tidak dalam kondisi diserang oleh lawan.
  • Skak, adalah sebuah kondisi dimana posisi raja dalam posisi bahaya. Artinya posisi raja sudah berhadapan dengan musuh dan siap untuk dimakan. Biasanya kondisi ini merupakan kondisi dimana raja sulit untuk bergerak, namun masih ada jalan.
  • Skak mat, merupakan kondisi dimana raja benar benar tidak bisa bergerak lagi dan siap untuk dimakan oleh lawan. Skakmat merupakan sebuah kondisi dimana setelah kondisi tersebut permainan catur sudah selesai. Hal tersebut dikarenakan raja sudah tidak bisa bergerak lagi.

Dengan kita mengerti cara bermain dan belajar catur, maka diharapkan kita lebih cepat menguasai permainan catur. Untuk lebih memaksimalkan kemampuan kita di dalam permainan catur, maka diharapkan kita lebih meningkatkan frekuensi permainan, karena dengan kita sering bermain catur maka tingkat logika serta konsentrasi kita akan lebih meningkat. Terimakasih dan semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mudah Bermain Dan Belajar Catur was last modified: October 22nd, 2015 by admin