Cara Mudah Dan Jitu Mengatasi Knalpot Nembak

By | October 29, 2015

Cara mudah dan jitu mengatasi knalpot nembak – Bunyi knalpot nembak pada sepeda motor tentunya sangat mengganggu pendengaran kita. Hal tersebut lantaran bunyi knalpot yang menembak sangatlah tidak enak untuk didengar. Bunyi tembakan knalpot sepeda motor biasanya terjadi pada saat kau sedang ditutup. Namun tidak menutup kemungkinan juga pada saat kita melakukan akselerasi bunyi tembakan pada knalpot juga ada.

Tembakan bunyi knalpot selain tidak enak didengar juga tentunya akan mempengaruhi akselerasi dan performa pada sepeda motor kita. Tenaga yang dimiliki oleh sepeda motor kita menjadi menurun. Belum lagi konsumsi bahan bakar yang tentunya akan lebih boros. Oleh sebab itulah ada baiknya kita bisa mengetahui dan memperbaiki knalpot sepeda motor yang menembak tersebut.

Untuk bisa memperbaiki knalpot sepeda motor yang menembak tentunya kita harus melakukan analisa terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan banyak bagian dari sepeda motor yang bisa menimbulkan ataupun menjadi penyebab knalpot menembak. Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba menjabarkan berbagai macam penyebab yang bisa menimbulkan sepeda motor menjadi menembak. Anda bisa menganalisa dan mencoba satu-persatu bagian tersebut dan nantinya bisa mendapatkan hasil dan menemukan penyebab dimana knalpot menjadi menembak.

Cara Mudah Dan Jitu Mengatasi Knalpot Nembak

Cara Mudah Dan Jitu Mengatasi Knalpot Nembak

Cara mudah dan jitu mengatasi knalpot nembak bisa anda simak pada uraian di bawah ini.

  1. Lakukan pengecekan pada tuas cuk. Apabila telah cukup berada dalam posisi tertutup maka sangat dimungkinkan knalpot akan menembak. Hal tersebut disebabkan karena cowok yang tertutup akan menyebabkan proses pembakaran mencari tidak sempurna. Pencampuran antara udara dan bensin yang ada di karburator juga akan tidak optimal.
    Biasanya ketika sepeda motor dalam kondisi truk tertutup akan menjadikan sepeda motor tersebut tersendat. Bahkan sangat dimungkinkan akan membuat umur busi menjadi berkurang. Oleh sebab itu solusi pertama yang bisa anda tempuh adalah dengan membuka jok sepeda motor dan mencoba lagi apakah sepeda motor tersebut masih dalam kondisi menembak atau sudah kembali ke kondisi normal.
  2. Pengecekan kondisi busi juga perlu dilakukan. Hal tersebut dikarenakan pusing juga bisa menjadi biang penyebab dari knalpot yang menembak. Perhatikan kepala busi dari sepeda motor anda. Apabila di situ terdapat kerak berwarna hitam, maka silahkan anda bersihkan kerak tersebut.
    Anda juga bisa mengatur ulang kerenggangan dari jarak kepala busi tersebut.
    Apabila jaraknya terlalu renggang maka anda bisa perkecil, begitu juga sebaliknya. Kondisi busi yang sudah berumur juga tentunya sangat berpotensi membuat sepeda motor menjadi menembak. Oleh sebab itu apabila setelah anda bersihkan kepala busi ternyata penyakit menembak belum sembuh, maka ada baiknya anda mengganti busi sepeda motor.
  3. Pengecekan karburator secara menyeluruh. Mungkin pengecekan karburator yang membutuhkan kemampuan khusus dibandingkan dengan teknik pengecekan dua bagian diatas. Hal tersebut dikarenakan karburator memiliki bagian yang cukup kompleks. Apabila anda tidak terbiasa untuk membongkar karburator maka alangkah baiknya anda membawa sepeda motor ke bengkel untuk ditangani oleh teknisi sepeda motor.
  4. Pada karburator biasanya yang dilakukan adalah proses penyetelan dan pembersihan bagian-bagian yang ada di dalamnya. Banyak sekali bagian di dalam karburator yang memiliki ukuran cukup kecil. Sehingga dimungkinkan adanya sumbatan-sumbatan yang ada di bagian kecil tersebut.
    Pada karburator juga ada bagian yang digunakan untuk mensetting campuran udara dengan bahan bakar yang nantinya akan diberikan ke dalam mesin. Apabila campuran tersebut bagus dan tepat maka tentunya akan mendapatkan performa yang tepat pula. Begitu juga sebaliknya, apabila campuran antara udara dengan bahan bakar tidak tepat maka akan sangat dimungkinkan menjadikan knalpot menembak.

Demikianlah sedikit tutorial mengenai cara mudah dan jitu dalam mengatasi knalpot yang menembak. Tentunya tutorial diatas bisa anda coba satu persatu guna menemukan permasalahan yang ada pada sepeda motor yang menembak tersebut. Mudah-mudahan anda bisa memperbaiki kerusakan pada sepeda motor tersebut dan anda bisa mendapatkan performa terbaik dari sepeda motor yang anda gunakan untuk keseharian. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mudah Dan Jitu Mengatasi Knalpot Nembak was last modified: October 27th, 2015 by admin