Cara Mudah Enkripsi File di Windows Vista

By | November 27, 2015

Anda memiliki antivirus dan perangkat lunak anti-spyware diinstal dan selalu diperbarui? Firewall Anda berjalan dan dikonfigurasi dengan benar? Anda sudah mengamankan router nirkabel Anda dari laptop tetangga sebelah?. Anda bahkan sudah mengatur account password untuk semua anggota keluarga Anda?. Jika Anda masih khawatir tentang informasi sensitif Anda, ada satu langkah lagi yang dapat Anda ambil untuk memastikan file Anda tetap aman yaitu mengenkripsi mereka.

Jika Anda menjalankan Windows Vista versi Bisnis, Enterprise, atau Ultimate Windows Vista, Anda dapat menggunakan Encrypting File System untuk menjaga dokumen paling pribadi Anda supaya data aman. (Perhatikan bahwa Anda tidak dapat mengenkripsi beberapa jenis file dan folder, seperti file sistem, yang di folder Windows Anda, atau pada hard drive diformat dengan sistem file FAT32.)

Berikut adalah cara untuk menggunakannya:

  1. Arahkan ke file atau folder yang ingin dilindungi.
  2. Klik kanan di atasnya untuk membuka jendela Properties.
  3. Klik pada tombol Advanced … untuk membuka Advanced Atribut jendela.
  4. Klik kotak centang di sebelah ” Encrypt contents to secure data”
  5. Klik OK untuk kembali ke Properties, kemudian klik OK lagi.

Jika Anda memilih untuk mengenkripsi sebuah folder, Anda akan ditanya apakah Anda ingin menerapkan enkripsi hanya untuk folder, atau untuk subfolder dan file juga. Tentukan pilihan Anda, lalu klik OK untuk memulai proses enkripsi.

Tergantung pada seberapa banyak file yang Anda enkripsi, proses bisa memakan waktu beberapa menit. Setelah proses enkripsi telah selesai, file Anda (secara default) ditampilkan dalam warna yang berbeda di windows Explorer. Anda dapat membuka, mengedit, memindahkan, atau bahkan.

Jika Anda mengenkripsi folder, file atau folder yang pindah ke folder terenkripsi akan menjadi terenkripsi. Jika Anda memindahkan apapun dari folder terenkripsi, enkripsi tetap. Anda dapat menghapus enkripsi dengan salah satu metode ini:

  1. Melakukannya secara manual, kebalikan dari cara Anda dienkripsi file atau folder (dengan menghapus tanda pada ” Encrypt contents to secure data” kotak centang Advanced Atribut)
  2. Memindahkan file atau folder ke hard drive diformat dengan sistem file FAT32
  3. Memindahkan file atau folder ke lokasi jaringan lain
  4. Mengirim file sebagai lampiran e-mail

Jangan Sampai Kehilangan Password Anda

Pertama kali Anda mengenkripsi file atau folder, Windows Vista akan meminta Anda untuk membuat cadangan kunci enkripsi Anda, hanya dalam kasus tertentu dan Anda kehilangan akses ke file terenkripsi Anda. Anda pasti harus melakukan klik pada balon tooltips akan memulai Sertifikat Ekspor Wizard. Anda dapat meninggalkan semua pengaturan di default, tetapi Anda akan diminta untuk membuat password dan tentukan nama dan lokasi untuk file Anda membuat.

Setelah selesai, Anda harus menyimpan file ke sesuatu yang aman dan mudah dipindah seperti pada CD, DVD, atau USB stick. sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kehilangan password.

Jika yang terburuk terjadi, cukup mengakses kunci cadangan melalui Windows Explorer, klik dua kali pada bagian tersebut, dan mulai wizard impor sertifikat. (Anda akan memerlukan sandi yang Anda gunakan ketika Anda pertama kali membuat kunci Anda.)

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mudah Enkripsi File di Windows Vista was last modified: November 26th, 2015 by admin