Cara Mudah Memperbaiki Harddisk Eskternal Tidak Terbaca

By | December 5, 2014

Harddisk ekternal tak dikenali Microsoft windows? Bisa terdapat banyak peluang kenapa Microsoft windows tak mau membaca harddisk external yang telah anda beli dari mengumpulkan uang saku tersebut. Simpelnya, anda memanglah tinggal pasang konektor USB nya ke USB port pada notebook maupun PC serta harusnya sesegera itu juga file pada dalam harddisk ekternal dapat anda akses. Sama sebagaimana saat anda memakai flashdisk maupun kartu memory. Bila memanglah semudah itu, mengapa mengalami masalah? Apa sebenarnya pemicu kenapa harddisk external tak terbaca?

Dari aspek pemicu inilah anda bakal coba melakukan perbaikan kondisi agar Microsoft windows mau mengenali harddisk eksternal anda. Peluang pemicunya mungkin saja yaitu :

  • Software driver harddisk eksternal tak dikenali, ini bisa lantaran kekeliruan file sistem pada HDD external
  • port USB rusak, ini dapat kerusakan fisik – walau tidak sering terjadi –, maupun software drivernya bermasalah
  • HDD external tak memperoleh cukup pasokan daya
  • software driver Microsoft windows yang bermasalah

Lantaran kemungkinannya cukup beragam sebagaimana diatas, jadi untuk melakukan perbaikan harddisk eksternal tak terbaca, anda mesti coba satu-satu untuk mencari pemicu yang sesungguhnya.

Ok, mari anda mencoba teliti satu demi satu persoalannya.

Apakah Software driver terdeteksi?

Saat suatu piranti anda pasangkan ke port USB, Microsoft windows bakal berupaya mengenali piranti tersebut. Cobalah colokkan HDD anda ke port USB, bila ada tombol on Atau off-nya, matikan kemudian nyalakan kembali. Simak apakah Microsoft windows mengenalinya. Silakan simak pada Microsoft windows Explorer apakah HDD kita telah terlihat juga sebagai drive baru. Bila ada pemberitahuan bila HDD kita telah dikenali namun tak nampak pada Microsoft windows Explorer bagaimana? Pakai Disk Management. Langkahnya?

  • Silahkan tekan Microsoft windows Key + R, tulis diskmgmt.msc pada dalam kolom dialog Run, kemudian silahkan tekan Enter.
  • Kita bakal lihat list drive Disk Management Microsoft windows. Bahkan juga bila tak nampak pada pc Anda lantaran bukan termasuk partisi, terus bakal nampak di sini.
  • Pada Disk Management ini kita dapat memformat, membenahi partisi, ganti nama drive, dsb. Di eksplore saja.

Bagaimanakah bila HDD external masih tetap juga tak terbaca pada Disk Management? Hmmm, ini mungkin saja berkenaan dengan problem lain. Anda mencoba tahapan selanjutnya.

Pindahkan ke port USB yang lain. Bila sesudah dipindahkan terbaca, jadi mungkin saja port USB kita yang sebelumnya mengalami masalah. Bila kita menggunakan USB hub, mencoba hubungkan langsung ke notebook kita. Umumnya ini jadi problem lantaran USB hub tak dapat mensuply daya yang cukup pada HDD kita.

Bila ini ternyata masih tetap juga gagal, masihlah ada satu lagi langkah mengembalikannya, namun cukup kecil kemungkinannya. Anda mencoba tahapan yang sama sebagaimana di atas namun pada notebook maupun pc lain yang sehat. Mungkin saja notebook kita yang mengalami masalah, bukanlah HDD kita, kan?

Mencoba teliti pada Device Manager. Untuk membukanya silahkan tekan tombol Microsoft windows + R pada keyboard lalu tulis devmgmt.msc ke dialog Run serta silahkan tekan Enter.

Carilah Diskdrive serta saksikan apakah ada tanda seru warna kuning di sampingnya. Bila ada tanda seru warna kuning, jadi masalahnya yaitu software driver. Click kanan pada piranti itu serta pilih Properties serta simak error message. Error message ini bisa menolong Kita menangani masalah, carilah ke Mesin pencari google dengan keyword error message itu.

Bila Pada Disk Managemet terdeteksi namun drive tidak bisa bekerja walaupun pada pc lain, atau Kita tak mempunyai pc lain, masalahnya mungkin saja pada software driver. Kita bisa memeriksanya dengan memakai Device Manager. Maupun Kita juga dapat meng-install lagi software driver itu dengan memakai Roll Back Software driver. Maupun mengupdate drivernya. Tetapi ini menyangkut masalah ketersediaan, apabila pada internet memanglah ada software driver ter-update jadi problem Kita mungkin saja bakal terselesaikan.

Hmmm, sesudah seluruh langkah tadi dipraktekan, serta ternyata tidak berhasil, kemungkinannya, ya tersebut tadi, rusak. Bila file pada dalamnya betul-betul penting, coba ke service center paling dekat. Walau itu kadang-kadang juga tak dapat kembalikan file kita. Bila tak terlampau penting untuk menyelamatkan datanya, ya, pikirkan untuk beli harddisk eksternal yang masih dalam kondisi baru. Semoga membantu.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mudah Memperbaiki Harddisk Eskternal Tidak Terbaca was last modified: December 5th, 2014 by admin