Cara Mudah Memperbaiki Port USB Yang Tidak Terdeteksi

By | February 22, 2015

Apa jadinya jika port USB yang ada di komputer kita tidak bisa mengenali seluruh perangkat luar yang dihubungkan nya. Tentu hal tersebut akan menjadi masalah yang cukup besar, lantaran port USB merupakan port yang paling umum dan paling banyak digunakan untuk mengkoneksikan perangkat luar dengan komputer. Apabila ternyata port USB komputer yang kita miliki tidak bisa mendeteksi adanya perangkat dari luar, maka sudah saatnya kita mencoba untuk memperbaiki kerusakan port USB yang tidak terdeteksi tersebut.

Namun sebelum kita mencoba lebih jauh memperbaiki port USB yang tidak terdeteksi tersebut, ada baiknya kita menganalisa terlebih dahulu jenis kerusakan yang dialami oleh port USB komputer kita tersebut. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan bahwa seluruh port USB yang ada di komputer mengalami kerusakan di mana tidak terdeteksi.

Cara Mudah Memperbaiki Port USB Yang Tidak Terdeteksi

Langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan apakah seluruh port USB yang ada di komputer tidak terdeteksi adalah dengan melakukan pemasangan peralatan dari satu port USB ke port USB yang lain nya. Apabila pada proses pengecekan tersebut ternyata tidak ada satupun port USB yang bisa digunakan, maka sudah bisa dipastikan bahwa port USB tersebut memang benar mengalami kerusakan.

Untuk memperbaiki port USB yang tidak terdeteksi tersebut langkahnya adalah cukup mudah. Permasalahan kerusakan port USB yang tidak terdeteksi bersumber dari settingan BIOS yang masih mendisable USB tersebut.

Beberapa langkah yang bisa kita tempuh untuk memperbaiki port USB yang tidak terdeteksi adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan anda nyalakan komputer atau laptop
  2. Pada saat proses power on self test atau sering disebut dengan post berlangsung, silahkan anda tekan tombol DEL atau F2 untuk masuk ke BIOS.
  3. Setelah anda berhasil masuk ke dalam BIOS, silahkan anda cari bagian pengaturan power management.
  4. Pada bagian tersebut silahkan pilih settingan enable pada port USB.
  5. Lanjutkan dengan menyimpan settingan BIOS anda lalu akhiri dengan restart komputer atau laptop.

Setelah tahapan tersebut, biasanya BIOSkop yang sebelumnya tidak terdeteksi akan bisa mendeteksi kembali seluruh perangkat yang dihubungkan. Namun apabila setelah melakukan konfigurasi di atas ternyata ada beberapa port atau salah satu port USB yang tidak bisa mendeteksi adanya perangkat luar yang dikoneksikan, maka ada kemungkinan terjadi masalah listrik statis yang terhubung kedalam port USB tersebut.

Untuk mengatasi masalah listrik statis pada port USB bisa dilakukan dengan langkah mematikan komputer atau laptop dan mendiamkan beberapa saat. Setelah itu anda bisa coba nyalakan kembali dan mencoba ulang untuk menghubungkan perangkat luar menggunakan port USB.

Demikianlah beberapa langkah cara memperbaiki port USB yang tidak terdeteksi. Semoga tutorial di atas bisa memberikan tambahan ilmu dan wawasan bagi anda semuanya. Bahkan harapan kami tutorial diatas bisa anda praktekkan apabila anda sedang mengalami permasalahan pada port USB komputer. Terimakasih atas kunjungan anda dan salam sukses.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mudah Memperbaiki Port USB Yang Tidak Terdeteksi was last modified: February 22nd, 2015 by admin