Cara Mudah Memperbaiki Printer Canon MP237

By | January 26, 2015

​Printer Canon MP237 ini memang cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan merek Canon merupakan salah satu peran yang cukup familiar di telinga masyarakat. Akan tetapi printer Canon MP237 ini termasuk salah satu printer yang kerap mendapatkan masalah. Oleh karena itu mau tidak mau anda harus mencoba untuk memperbaiki printer Canon MP237 tersebut. Cara memperbaiki printer Canon MP237 ini juga bisa dikatakan cukup mudah asalkan kita tahu letak permasalahan yang ada di printer Canon MP237 tersebut.

Biasanya printer Canon MP237 mengalami error atau rusak dengan cara menampilkan indikator baik di alat printer ataupun di layar monitor komputer. Indikator tersebutlah yang akan mempermudah kita dalam mendiagnosa letak permasalahan printer Canon MP237 sekaligus menentukan langkah yang digunakan untuk memperbaiki nya.

Jenis indikator yang menandakan printer Canon MP237 mengalami kerusakan cukup banyak. Jenis indikator itulah yang nantinya akan saya bahas pada kesempatan kali ini sekaligus disertai dengan langkah mengatasinya.

Dibawah ini adalah cara mudah memperbaiki printer Canon MP237 yang sudah banyak diterapkan oleh para teknisi printer.

  1. 2 kali ngeblink dengan munculnya kode error 100. Sumber permasalahan ada pada kertas yang tidak terdeteksi. Solusinya tentu dengan menaruh atau memasukkan kertas kembali pada paper tray atau tempat kertas yang sudah di sediakan.selanjutnya kita bisa menekan tombol black atau color yang ada pada alat printer.
  2. 7 kali ngeblink dan munculnya error 1487 atau 1486. Sumber permasalahan dari error tersebut adalah tidak benar nyata dalam pemasangan katrid. Langkah mengatasinya tentu dengan memperbaiki posisi pemasangan katrid. Perhatikan pula letak alat pengunci dari katrid yang ada di printer. Jika masalah tidak terselesaikan, silahkan anda ganti dengan katrid yang baru.
  3. 14 kali ngeblink dan munculnya error 1684. Sumber permasalahan dari error tersebut biasanya dari penggunaan katrid yang tidak kompetible. Bisa juga disebabkan karena letak katrid yang tidak tepat pada posisinya. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengecek dan mengatur ulang posisi katrid di dalam printer. Apabila masalah tersebut tidak terselesaikan, artinya katrid minta diganti dengan yang baru.
  4. 8 kali ngeblink dan muncul error 1700. Sumber permasalahan ini adalah terletak pada absorber full atau hampir penuh. Langkah mengatasinya adalah dengan melakukan proses head cleaning melalui menu control panel yang sudah disediakan di control panel printer.
  5. 4 kali ngeblink dan munculnya error 1687. Letak permasalahan dari error tersebut adalah pada katrid yang pemasangannya tidak tepat. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan anda perbaiki penguncian pada katrid printersehingga posisi katrid tepat pada tempatnya.
  6. 15 kali ngeblink dan munculnya error 1682. Sumber permasalahan error tersebut ada pada katrid yang rusak. Tidak ada jalan lain kecuali kita mengganti katrid dengan yang baru.
  7. 3 kali ngeblink dan munculnya error 1300. Letak permasalahan dari error tersebut ada pada kertas yang mengalami paper jam. Untuk mengatasi masalah tersebut silahkan anda bersihkan atau ambil kertas yang ada dan menyangkut di dalam printer.
  8. 5 kali blink dan munculnya kode error 1403, 1485, 1401.  Letak permasalahan dari error tersebut adalah pada posisi katrid yang pemasangannya tidak tepat. Langkah mengatasinya tentu dengan memperbaiki pemasangan katrid sampai posisi yang paling benar dan tepat.
  9. 13 kali ngeblink dan munculnya kode error 1186. Letak permasalahan dari error tersebut terletak pada printer yang tidak mampu untuk membaca level tinta yang ada pada katrid. Untuk mengatasi masalah tersebut silahkan anda tekan tombol reset atau tombol stop yang ada di printer. Hal tersebut digunakan untuk mengabaikan munculnya peringatan error tersebut.
  10. 16 kali ngeblink dan munculnya pesan error 1188.letak permasalahan dari arah tersebut adalah pada bagian katrid yang tidak terbaca ataupun bintang yang ada pada katrid sudah habis. Untuk mengatasi masalah tersebut kita bisa menekan tombol riset atau stop dengan durasi kurang lebih 5 detik. Setelah itu silahkan anda matikan printer. Silahkan tunggu beberapa saat dan silahkan nyalakan kembali.
  11. 2 kali ngeblink dan munculnya pesan error 5100. Letak permasalahan dari arah tersebut adalah pada bagian kertas yang menyangkut di dalam printer. Untuk mengatasi masalah tersebut silahkan anda ambil kertas yang menyangkut tadi, lalu matikan printer dan hidupkan kembali.
  12. 10 kali ngeblink dan munculnya pesan error b200. Cara mengatasi dari arah tersebut adalah silahkan anda off kan seluruh sistem yang bekerja pada printer. Anda bisa mencabut kabel power printer tersebut dari jaringan listrik di rumah anda, diamkan kurang lebih 5 menit. Setelah itu silahkan anda coba kembali.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memperbaiki printer Canon MP237 yang bisa saya bahas pada kesempatan kali ini. Semoga tutorial diatas bisa bermanfaat bagi anda terutama bagi yang sekarang sedang mengalami kesulitan untuk memperbaiki printer Canon MP237.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mudah Memperbaiki Printer Canon MP237 was last modified: January 26th, 2015 by admin