Cara Mudah Memperbaiki Ups Yang Tidak Bisa Menyimpan Arus

By | January 10, 2015

UPS merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk menyimpan daya listrik. UPS ini biasanya digunakan pada perangkat komputer. Dengan menggunakan UPS, komputer akan lebih aman dari masalah listrik padam secara mendadak. Hal tersebut dikarenakan pada saat terjadi listrik padam secara mendadak, komputer tidak akan langsung mati, akan tetapi tetap hidup dengan mengandalkan backup daya listrik yang ada di UPS. Namun seiring dengan penggunaan, UPS pastilah mengalami kerusakan. Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berbagi pengalaman dengan anda cara mudah memperbaiki UPS yang tidak bisa menyimpan arus atau daya listrik.

UPS sebenarnya terdiri dari tiga bagian utama. Tersebut adalah charger, media penyimpanan dan inverter. Bagian charger tentunya berfungsi untuk melakukan pengisian ulang daya ke baterai​. Media penyimpanan terdiri dari baterai atau aki kering. Baterai atau aki kering yang ada di dalam UPS memiliki ukuran yang berbeda beda. Semakin besar kapasitas dari baterai atau aki kering yang ada di UPS, akan semakin lama waktu backup daya yang dimiliki oleh UPS tersebut. Inverter berfungsi untuk menaikkan tegangan dari tegangan baterai atau aki ketegangan kebutuhan listrik pada umumnya, yaitu 220 volt.

Pada saat UPS bekerja dalam mode baterai atau aki, maka seluruh daya yang digunakan untuk mensuplai arus listrik komputer adalah berasal dari api. Semakin sering listrik mengalami pemadaman, maka akan semakin sering pulang daya yang ada di baterai atau aki digunakan, yang pada akhirnya akan membuat umur baterai atau aki menjadi lebih pendek.

Jika pada suatu saat nanti anda mengalami permasalahan pada UPS, dimana apa yang anda miliki tidak bisa menyimpan arus listrik, maka kita bisa melakukan beberapa tahapan perbaikan. Ciri yang menandakan bahwa baterai yang ada di dalam UPS tersebut sudah rusak atau soak adalah ketika listrik pln padam, maka komputer juga akan ikut mati.

Untuk mengganti atau memperbaiki UPS yang tidak bisa menyimpan arus listrik bisa dilakukan dengan langkah sederhana di bawah ini:

  • Silahkan anda buka casing UPS.
  • Lepaskan kabel konektor yang terhubung ke baterai. Kabel warna hitam terpasang ke konektor negatif sedangkan kabel warna merah terpasang ke konektor positif. Harap untuk diingat-ingat jangan sampai lupa, karena nantinya akan digunakan sebagai dasar pemasangan ke baterai yang baru.
  • Lepaskan baterai atau aki dari UPS.
  • Silahkan anda pasang UPS atau aki yang berubah UPS. Sebagai catatan, gunakan spesifikasi aki atau baterai yang sama dengan baterai yang lama, terutama pada tegangan kerjanya. Jika baterai lama menggunakan tegangan kerja 12 volt, maka baterai yang baru pun anda harus menggunakan yang memiliki tegangan kerja 12 volt. Untuk besarnya arus listrik yang mampu disimpan di dalam peta tersebut tidaklah wajib harus sama. Jika memang bisa mendapatkan dengan ukuran arus listrik yang sama, maka itu adalah sebuah keuntungan. Namun seandainya anda sulit untuk mendapatkan baterai dengan besar arus listrik yang sama dengan baterai yang rusak, maka anda juga masih tetap bisa menggunakannya.
  • Silahkan pasang kembali konektor kabel yang menuju ke aki. Harap diperhatikan bahwa kabel hitam dipasang ke konektor negatif pada aki, sedangkan konektor kabel merah harus dipasang ke konektor positif pada aki.
  • Lalu silahkan anda coba nyalakan UPS anda.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara mudah memperbaiki UPS yang tidak bisa menyimpan arus listrik. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • Cara Memperbaiki Baterai LaptopCara Memperbaiki Baterai Laptop ​Memiliki laptop namun dengan baterai yang rusak pastinya merupakan sebuah permasalahan sendiri. Baterai laptop yang rusak pastinya sebuah momok yang ditakutkan. Dan jika kebetulan baterai […]
  • Cara Memperbaiki Charger LaptopCara Memperbaiki Charger Laptop ​Charger laptop merupakan salah satu bagian paling penting, karena charger berperan untuk melakukan pengisian ulang daya baterai laptop. Tentunya, semakin bertambah umur dari charger […]
  • Cara Memperbaiki Power BankCara Memperbaiki Power Bank Power bank merupakan sebuah alat dimana dia mampu menyimpan daya listrik. Power bank ini muncul setelah banyaknya penggunaan smartphone. Hal tersebut dikarenakan […]
  • Cara Cepat Memperbaiki Raket NyamukCara Cepat Memperbaiki Raket Nyamuk Raket nyamuk merupakan salah satu alat alternatif pengusir dan pembunuh nyamuk. Dibandingkan dengan obat nyamuk, raket nyamuk tentunya akan lebih sehat dan lebih hemat. Namun dikarenakan […]
Cara Mudah Memperbaiki Ups Yang Tidak Bisa Menyimpan Arus was last modified: January 10th, 2015 by admin