Cara Mudah Memperbaiki USB Device Not Recognized

By | January 9, 2015

USB device not recognized merupakan salah satu masalah yang sering dialami pengguna komputer. Masalah tersebut biasanya menyebabkan peralatan yang tersambung ke port USB tidak terdeteksi. Paling banyak adalah terjadi pada USB flash disk. Jika anda mengalami hal tersebut mac anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan transfer data dari komputer ke flashdisk atau sebaliknya. Cara memperbaiki USB device not recognized bisa ditempuh dengan beberapa cara.

Cara-cara untuk memperbaiki masalah USB device not recognized yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini sebagian merupakan pengalaman yang pernah penulis alami. Untuk itulah perlu sekiranya anda coba guna memperbaiki masalah USB device not recognized.

Beberapa langkah yang bisa anda coba sebagai langkah memperbaiki USB device not recognized adalah:

Langkah pertama yang paling mudah dan perlu anda coba adalah dengan melakukan restart pada komputer atau laptop. Hal tersebut memungkinkan komputer atau laptop akan melakukan refresh terhadap driver yang dimiliki sehingga ada kemungkinan setelah komputer atau laptop menyala kembali driver USB akan bekerja dengan normal dan masalah USB device not recognized akan hilang.

Langkah yang kedua anda bisa memanfaatkan system restore untuk mengembalikan settingan windows pada saat kondisi masih normal. Dengan mengembalikan settingan windows pada kondisi masih normal, maka kerja dari port USB juga akan kembali menjadi normal. Cara menggunakan system restore bisa anda tempuh dengan mengakses tombol start, pilih All Program, kemudian pilih Accessories. Lanjutkan dengan memilih menu System Tools, lalu pilih menu System Restore.

Sebelum anda menjalankan system restore, pastikan bahwa system restore ini akan mengembalikan fungsi dari USB yang bermasalah. Jika anda tidak yakin dengan hasil yang didapat dari fungsi system restore maka lebih baik dibatalkan. Hal tersebut dikarenakan menggunakan system restore akan mengembalikan settingan windows pada posisi sebelumnya dimana nantinya pasti akan berpengaruh terhadap beberapa software yang sudah terinstal pada komputer atau laptop.

Langkah yang ketiga bisa dilakukan dengan melakukan penghapusan dari driver USB host controller. Untuk melakukan penghapusan driver USB host controller anda bisa masuk menu device manager lewat control panel. Jika anda bingung silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

Setelah anda menghapus driver USB host controller melakukan restart pada komputer anda. Setelah komputer restart, maka komputer tersebut akan mencoba untuk menginstal kembali secara otomatis driver USB host controller yang baru. Diharapkan setelah komputer melakukan instalasi driver USB host controller yang baru maka, USB tersebut akan bisa bekerja dengan normal.

Langkah keempat dan merupakan langkah yang sangat ampuh adalah dengan cara mencoba melepas baterai yang ada pada laptop. Walaupun tidak ada teori yang kuat, secara praktek cara ini cukup ampuh dalam mengatasi masalah USB device not recognized.

Langkah kelima bisa ditempuh jika seluruh cara di atas tidak ada yang berhasil, yaitu dengan jalan melakukan instalasi pada sistem operasi windows anda. Silahkan anda lakukan backup data sebelum anda melakukan instalasi microsoft windows, karena bisa dipastikan ketika kita melakukan instalasi sistem operasi windows, data yang berada di drive c akan hilang.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara mudah memperbaiki USB device not recognized. Semoga saja tutorial di atas bisa bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih dan selamat mencoba untuk memperbaiki masalah USB device not recognized.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mudah Memperbaiki USB Device Not Recognized was last modified: January 9th, 2015 by admin