Cara Mudah Mengorganisasi Foto Menggunakan Focus

By | September 7, 2015

Cara Mudah Mengorganisasi Foto Menggunakan Focus – Semakin banyak foto yang disimpan di dalam gadget, maka semakin lama juga anda mencari foto yang diinginkan. Tentunya akan lebih baik jika foto sudah dikelompokkan berdasarkan kategori masing-masing. Anda memang sudah mengelompokkan foto di dalam folder, tetapi pengelompokan tersebut pastinya berdasarkan waktu kapan foto tersebut diambil. Tetapi bagaimana jika anda ingin melihat-lihat foto yang isinya hanya menampilkan foto keluarga, pemandangan, atau motor kesayangan saja misalnya. Membuat folder untuk memisahkan nya lalu memindahkan foto ke dalamnya dari folder lain sangatlah tidak praktis.

Cara Mudah Mengorganisasi Foto Menggunakan Focus

Untuk itu anda dapat menggunakan bantuan aplikasi bernama focus, yang merupakan aplikasi galeri foto dengan sistem tagging. Maksudnya disini adalah sebuah foto memiliki tag sebagai kata kunci pengelompokannya. Misalnya anda membuat tag “keluarga”, setelah itu foto foto yang berisi foto keluarga bisa diberikan tag tersebut. Jika suatu saat ingin mencari semua foto yang menampilkan keluarga, cukup pilih tag “keluarga” saja. Dengan begitu memudahkan anda secara pribadi untuk mencari foto yang diinginkan. Berikut penjelasannya:

  1. Saat pertama kali focus dijalankan, maka foto akan dikelompokkan dalam folder sesuai dengan yang anda simpan di gadget. Tampilannya kurang lebih sama seperti google photos.
  2. Di sini anda dapat melihat foto satu persatu, berikut melihat detil dari exif dengan cara men tap icon tiga titik di sudut kanan bawah lalu tap opsi “details” detail foto akan menampilkan informasi seperti resolusi foto, foto length, aperture value, shutter speed dan sebagainya. Anda dapat men tap opsi “advanced detail” untuk menampilkan informasi foto lebih detil seperti aplikasi yang digunakan untuk mengedit, exposure time, hingga koordinat gps tempat foto diambil.
  3. Kemudian berbicara mengenai sistem tagging yang merupakan fitur utama dari focus. Tentunya anda harus memberikan tag pada foto yang telah dibuka terlebih dahulu. Tap icon di sisi kiri bawah untuk menampilkan tag apa saja yang dapat digunakan. Total terdapat 11 tag yang sudah ada. Jika ingin menambahkan atau membuat tag sendiri, anda harus membayar untuk versi premium. Anda dapat memberikan tag lebih dari satu buah.
  4. Jika sudah maka icon tag yang dipilih akan ditampilkan di kiri bawah foto. Selanjutnya silahkan berikan tag untuk foto foto yang ada untuk memudahkan pengorganisasian.
  5. Secara otomatis, foto-foto yang dikelompokkan pada tag tertentu akan ditampilkan di menu utama, berada diantara folder folder yang berisi foto lainnya.
  6. Tetapi jika ingin mencari foto berdasarkan tag dengan cepat, maka tap icon di sudut kiri atas layar untuk menampilkan panel pengaturan ( atau sapukan layar dari sisi kiri ke tengah). Di bawah bagian tag, ditampilkan daftar tag yang telah anda pilih sebelumnya.
  7. Setelah itu foto akan ditampilkan di dalam layer baru sesuai dengan tag yang dibawanya.
  8. Terdapat fitur yang dapat anda manfaatkan, dan bisa diakses melalui panel pengaturan kemudian memilih opsi setting. Pada bagian picture viewer, aktifkan tombol “display brightness”. Jika fitur ini aktif, maka setiap kali anda melihat sebuah foto, tingkat kecerahan layar akan diatur maksimal. Dengan begitu anda dapat melihat foto dengan lebih jelas.
  9. Fitur kedua bernama “no snooping” yang fungsinya adalah memproteksi gambar tertentu dengan password. Hanya saja fitur ini tersedia di secara berbayar.

Demikianlah tutorial mengenai cara mudah mengorganisasikan foto menggunakan focus. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mudah Mengorganisasi Foto Menggunakan Focus was last modified: September 7th, 2015 by admin