Cara Mudah Safe Mode Windows 7

By | April 12, 2017

Ada program yang tidak dapat dihapus dari komputer? Atau ada virus jahat menyerang komputer anda? Inilah solusinya untuk anda. Safe mode adalah sebuah cara untuk membuat Windows hanya berisikan berkas pokok yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows tersebut. Mode ini dapat anda manfaatkan untuk memecahkan masalah yang tidak bisa dikerjakan saat windows dalam keadaan normal. Cara safe mode windows 7 sangat mudah anda lakukan, berikut penjelasannya.

Cara Mudah Safe Mode Windows 7

Langkah-langkah Menjalankan Safe Mode

Perlu pertimbangan ulang, apakah anda memang perlu melakukan Safe Mode. Jika ada hal yang ganjil setelah komputer dijalankan langsung reboot saja. Cara safe mode windows 7, sebelumnya dimulai dengan mengeluarkan semua disk dari komputer termasuk CD, DVD, floppy disk dan drive USB. Hal ini bertujuan agar disk tidak melakukan booting ketika merestart komputer.

Setelah itu reboot komputer dalam safe mode dengan menekan tombol F8 dengan cepat. Pastikan anda melakukan sebelum splash screen Windows muncul. Opsi kedua anda dapat mengatur Windows untuk booting langsung. Buka dialog Run dan ketik msconfig. Klik tab Boot dan centang kotak Safe Boot. Kemudian pilih jenis safe mode yang ingin anda jalankan. Pilihlah menu Safe Mode pada layar Advance Boot Option. Pilihan ini akan memuat driver yang paling sedikit untuk melakukan booting Windows 7.

Ditampilkan pula pilihan cara safe mode windows 7 yakni Safe Mode with Networking dan Safe Mode with Command Prompt. Safe Mode with Networking memuat semua driver, berkas yang dimuat, dan menghubungkan pada akses internet. Pilih opsi ini saat anda harus terhubung dalam jaringan internet saat melakukan pemecahan masalah. Sedangkan Safe Mode with Command Prompt akan memberikan akses langsung ke baris perintah. Opsi ini cocok untuk anda yang akan melakukan masalah dari baris perintah.

Tampilan layar berikutnya akan menampilkan berkas yang akan dimuat. Tunggu komputer memuat berkas yang diperlukan. Saat layar login muncul, cara safe mode windows 7 selanjutnya masuklah kedalam akun tersebut. Jika anda hanya mempunyai satu akun tanpa password, dimungkinkan anda akan masuk secara otomatis. Anda akan mengetahui jika komputer dalam keadaan safe mode ketika pada keempat sudut layar muncul tulisan “Safe Mode”.

Safe mode adalah kondisi bagus untuk menjalankan pemindai virus dan malware, menghapus program bermasalah, dan menyunting registry. Tahapan terakhir cara safe mode windows 7 adalah reboot kembali komputer anda kedalam Windows 7 normal. Apabila anda mengatur safe mode melalui System Configuration, anda harus membukanya kembali saat berada dalam safe mode dan menghilangkan tanda centang pada Safe Boot. Jika tidak, komputer anda akan selalu berada dalam safe mode ketika restart.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Mudah Safe Mode Windows 7 was last modified: March 31st, 2016 by admin