Cara Partisi Hardisk Di Windows 7 Tanpa Menggunakan Software

By | July 12, 2017

Anda ingin membagi-bagi hardisk laptop atau komputer anda? Yuk ikuti cara partisi hardisk di windows 7 ini. Setiap komputer memang memiliki kapasitas hardisk yang berbeda. Namun bagi beberapa ketika dalam sebuah komputer hanya terdapat 2 atau 3 bagian hardisk yang termasuk drive C, tentu akan terasa kurang. Selain itu, bagian hardisk yang terbatas ini tentu akan memberikan ketidaknyamanan dalam penyimpanan data. Untuk itu, bagi anda yang menggunakan sistem operasi windows 7 dan ingin membagi kapasitas hardisk, disini kami akan berbagi untuk anda mengenai cara mempartisi hardisk di windows 7. Langsung saja, berikut beberapa langkahnya.

Bagaimana Cara Partisi Hardisk Windows 7

Beberapa Langkah Partisi Hardisk Di Windows 7

Cara partisi hardisk di windows 7 ini merupakan cara partisi hardisk yang cenderung mudah dan praktis sehingga anda tak perlu bingung ketika nanti mempraktekkannya. Anda juga tidak perlu sebuah software untuk melakukannya. Nah langsung saja, ikuti langkah-langkah partisi hardisk di windows 7 berikut ini. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah mengklik Start, lalu klik kanan pada pilihan menu Computer. Setelah itu, pilih opsi Manage dan tunggu beberapa saat karena komputer akan otomatis loading. Anda harus sedikit bersabar menunggu. Pasalnya proses loading ini cenderung sedikit lama karena terkait langsung dengan urusan hardisk.

Setelah proses loading selesai, maka akan muncul sebuah tampilan atau jendela yang berisi bagian-bagian atau partisi hardisk yang ada di laptop atau komputer anda. Dalam hal ini, anda bisa melanjutkan cara partisi hardisk di windows 7 ini dengan memilih partisi disk yang ingin anda bagi. Misalnya disk yang akan anda bagi bernama “multimedia” yang memiliki kapasitas 200 GB dan ingin dibagi menjadi 2 bagian sehingga masing-masing memiliki kapasitas 100 GB.

Nah cara partisi hardisk di windows 7 yang selanjutnya adalah anda bisa mengklik kanan pada disk multimedia ini, lalu pilih opsi Shrink Volume. Komputer akan loading dan setelahnya akan muncul sebuah jendela. Isilah pada kolom “enter the amount of space to shrink ini MB” dengan jumlah kapasitas yang diinginkan. Misalnya 100 GB, maka anda harus menuliskan 100000 karena dalam MB. Klik Shrink dan komputer akan kembali loading.

Setelah proses loading selesai, akan tampak disk baru yang masih Free Space. Sampai disini, disk tersebut belum bisa digunakan karena partisi belum dibuat dan anda harus membuatnya. Klik kanan pada disk yang Free Space tersebut, lalu pilih opsi new simpel volume dan akan muncul sebuah tab baru. Klik next terus sampai muncul tampilan berupa disk yang anda bagi tadi telah terbagi menjadi 2. Anda bisa memastikan dengan masuk ke Computer dan melihat tampilan drive yang bertambah. Bagaimana? Mudah bukan cara partisi hardisk di windows 7 ini. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Partisi Hardisk Di Windows 7 Tanpa Menggunakan Software was last modified: March 31st, 2016 by admin