Cara Sharing Folder Windows 7 Dengan Mudah

By | September 15, 2016

Ketika komputer sudah terhubung dengan jaringan, berbagai fasilitas menjadi sangat berguna baik itu dokumen, file, folder, bahkan printer. Terutama, anda akan lebih diuntungkan saat sharing file/folder. Mengapa demikian? Karena kita tidak perlu repot menggunakan media penyimpanan seperti flashdisk atau sejenisnya untuk berbagi. Jika kita menggunakan flashdisk pasti lebih memakan waktu, colok komputer A kemudian pindah komputer B. Dengan adanya metode sharing file dalam jaringan, kita cukup mengakses file yang dibutuhkan melalui komputer kita. Langsung saja kita lihat bagaimana cara sharing folder windows 7.

Cara Sharing Folder Windows 7 Dengan Mudah

Pada ulasan kali ini diasumsikan komputer A dan B sudah saling terhubung menggunakan jaringan peer-to-peer. Tutorial ini memang ditujukan untuk sistem operasi windows 7, namun jangan khawatir bagi anda pengguna windows 8 atau 8.1 tetap bisa menggunakannya. Karena langkah-langkah berikut tidak jauh berbeda jadi anda bisa menyesuaikan. Perlu diingat, sebelum melakukan sharing folder pastikan terlebih dahulu fitur file and printer sharing sudah aktif. Langsung saja kita simak bagaimana cara sharing folder windows 7.

Cara Sharing Folder Pada Windows

Langkah pertama cara sharing folder windows 7 adalah dengan membuka Windows Explorer dan pilihlah folder mana yang akan bagi. Setelah itu, klik kanan dan pilih Share with lalu Specific people. Kemudian akan muncul jendela File Sharing pada layar komputer. Pada tahap ini anda perlu menambahkan user Everyone, lalu klik Add. Setelah user Everyone masuk dalam daftar baru klik Share. Untuk mengetahui status pengiriman, anda akan mendapat konfirmasi “Your Folder is Shared”. Dan anda dapat mengklik tombol Done pada pojok kanan bawah jendela.

Cara Sharing Drive Atau Local Disk Pada Windows

Selain cara sharing folder windows 7, berikut disertakan langkah-langkah untuk sharing drive. Pertama, tentukan terlebih dahulu drive mana yang akan dishare. Setelahnya, klik kanan kemudian pilih Share With lalu Advanced Sharing. Akan muncul jendela properties dan berada pada tab sharing, klik Advanced Sharing. Pada jendela Advanced Sharing beri tanda centang pada Share This Folder, lalu klik Permissions untuk menambah user. Klik tombol Add jika anda ingin menambah user, setelahnya klik OK.

Jika sudah, kembali pada jendela properties dan pilih Security. Kemudian klik Edit untuk mengatur permission atau user. Akan muncul jendela permissions, dan untuk menambah user klik Add. Select User or Group, klik Advanced. Pilih Everyone, lalu klik OK. Kemudian atur lagi permissionnya, jika sudah klik OK. Untuk mengecek data yang di share, ketik IP address dari komputer yang melakukan sharing. IP address tentunya sesuai dengan komputer yang anda gunakan masing-masing. Demikian cara sharing folder windows 7, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Cara Sharing Folder Windows 7 Dengan Mudah was last modified: March 31st, 2016 by admin