Hal Yang Harus Dihindari Pada Saat Berkendara Sepeda Motor

By | November 8, 2015

Hal yang harus dihindari pada saat berkendara sepeda motor – Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di indonesia. Hal tersebut dikarenakan sepeda motor kelebihan diantaranya adalah mudahnya penggunaan dan juga ukurannya yang kecil sehingga bisa lebih leluasa untuk mengambil jalur yang sempit. Namun karena kurangnya pengetahuan kadangkala kita melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak diperbolehkan pada sepeda motor.

Resiko berkendara menggunakan sepeda motor tentunya lebih tinggi dibandingkan dengan resiko berkendara menggunakan mobil. Oleh sebab itu kita harus sadar dan mengetahui berbagai macam hal yang dilarang pada penggunaan sepeda motor. Tujuannya adalah satu yaitu supaya kita tetap nyaman dan selamat sampai tujuan.

Dengan menggunakan sepeda motor sesuai dengan aturan, kita juga akan bebas dari berbagai macam masalah yang nantinya kadangkala ada di tengah jalan. Seperti adanya razia dari polisi. Lalu apa saja hal yang harus dihindari pada saat berkendara sepeda motor? Silakan anda simak terus artikel ini.

Hal Yang Harus Dihindari Pada Saat Berkendara Sepeda Motor

Hal Yang Harus Dihindari Pada Saat Berkendara Sepeda Motor

Hal yang harus kita hindari pada saat berkendara menggunakan sepeda motor adalah:

  1. Stang kemudi digunakan untuk meletakkan barang belanjaan. Hal tersebut biasanya dilakukan oleh kaum ibu yang belanja di pasar. Sebenarnya stang harus dalam kondisi terbebas dari berbagai macam perubahan. Namun ketika sedang harus menanggung beban dari barang belanjaan membuat proses kemudi pada stang menjadi lebih sulit. Oleh sebab itu hindarilah meletakkan barang belanjaan ataupun barang apapun di atas stang pengemudi.
  2. Hanya menggunakan tangan kanan untuk memegang stang kemudi. Hal tersebut banyak sekali dilakukan manakala pengemudi membawa barang bawaan menggunakan tangan kiri. Tersebut tentunya sangat berbahaya lantaran beban kemudi yang harusnya ditanggung oleh dua tangan hanya ditanggung oleh satu tangan kanan. Apabila terjadi pengereman mendadak maka tentunya beban yang harus ditanggung tangan kanan akan lebih besar lagi dan tidak menutup kemungkinan terjadinya oleng. Oleh sebab itu alangkah baiknya barang bawaan yang sebelumnya dibawa oleh tangan kiri lebih baik ditaruh di bonceng saja.
  3. Membawa anak kecil dengan cara berdiri diantara pembonceng dengan pengendara. Hal tersebut tentunya sangatlah berbahaya bagi kondisi anak kecil tersebut. Memang benar anak kecil akan lebih leluasa menikmati pemandangan di sepanjang jalan, namun tentunya resiko terpeleset akan lebih besar. Alangkah baiknya jika anak kecil tersebut tidaklah berdiri namun dalam kondisi duduk.
  4. Tas pembonceng yang kadang menutupi lampu bagian belakang. Kadangkala karena apa sih yang digunakan oleh pembonceng berukuran cukup besar maka membuat lampu bagian belakang tertutupi. Apabila pedal rem di, maka nyala lampu. Yang ada di sepeda motor tidak akan kelihatan karena terhalang oleh tas. Hal tersebutlah yang tentunya akan membuat bandara di belakangnya cukup bingung bahkan bisa berefek fatal terjadi tabrakan. Begitu juga lampu sen yang tertutupi oleh tas. Bisa dipastikan pengguna kendaraan di belakangnya akan mengalami kebingungan, kendaraan di depannya akan belok ke kanan atau ke kiri. Jadi usahakan untuk menggunakan tas yang tidak sampai menutupi bagian lampu belakang sepeda motor.
  5. Malam hari tidak menyalakan lampu. Hal tersebut tentunya berakibat sangat fatal. Sangat dimungkinkan terjadi kecelakaan karena pengguna kendaraan yang lain tidak bisa melihat kendaraan yang tidak menyalakan lampu. Disamping itu tidak menyalakan lampu di malam hari bahkan sekarang di siang hari bisa terkena pasal karena undang-undang sudah mewajibkan lampu utama sepeda motor harus menyala sepanjang digunakan.
  6. Lampu merah belakang diganti dengan lampu serba putih. Memang bagi pengendara sepeda motor itu tidak bermasalah, namun akan terjadi masalah bagi pengendara sepeda motor yang ada di belakangnya. Pengendara sepeda motor yang ada di belakangnya tentu akan merasakan silau yang cukup tinggi ketika melihat lampu yang ada di depannya menyala dengan putih dan kuning. Apabila nyala lampu tersebut sangat terang, maka tentunya pengendara yang ada di belakangnya akan mengalami kebutaan sesaat yang tentunya sangat berpotensi terjadi kecelakaan.

Demikianlah hal-hal yang harus dihindari pada saat berkendara sepeda motor. Mudah-mudahan setelah kita membaca bahasa di atas maka kita akan lebih mengetahui berbagai macam hal yang harus dihindari pada saat berkendara sepeda motor, tentunya agar kita selalu selamat di jalan raya.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Hal Yang Harus Dihindari Pada Saat Berkendara Sepeda Motor was last modified: October 27th, 2015 by admin