Hal Yang Perlu Di Cek Pada Mobil Setelah Mudik

By | December 2, 2015

Hal yang perlu di cek pada mobil setelah mudik – Mobil adalah salah satu jenis kendaraan yang paling sering digunakan untuk mudik. Perjalanan mudik merupakan salah satu jenis perjalanan yang menempuh jarak cukup jauh, oleh sebab itu tentunya ada berbagai macam hal yang perlu dilakukan setelah mobil tersebut selesai digunakan untuk mudik berhenti banyak bagian yang perlu dicek pada mobil supaya kondisi mobil tetap terjaga.

Di saat mobil digunakan untuk mudik,​ mobil dipaksa untuk bekerja lebih ekstra lantaran jarak tempuh yang cukup jauh. Mudik lintas kota bahkan lintas provinsi tentunya menguras tenaga baik itu tenaga pengendara maupun tenaga dari mobil itu sendiri. Oleh sebab itu, alangkah baiknya setelah mobil digunakan untuk mudik maka kita segera melakukan pengecekan guna mengetahui kondisi mobil. Apabila nantinya kondisi mobil masih tetap terjaga maka hal tersebut akan lebih memberikan kita rasa tenang. Namun seandainya kondisi mobil perlu adanya perbaikan, kita juga bisa lebih cepat untuk memperbaikinya.

Hal Yang Perlu Di Cek Pada Mobil Setelah Mudik

Hal Yang Perlu Di Cek Pada Mobil Setelah Mudik

Di bawah ini adalah hal yang perlu dicek pada mobil setelah digunakan untuk mudik:

  1. Bagian pertama yang perlu dicek adalah rem. Kondisi rem ini memang sangat bergantung pada proses penggunaannya. Akan tetapi angka patokan yang bisa kita gunakan sebagai referensi untuk mengganti kanvas rem adalah setiap 20.000 km. Angka tersebut merupakan patokan untuk mobil dengan transmisi otomatis. Apabila mobil yang kita gunakan menggunakan mobil manual, maka kanvas rem perlu diganti setiap 40.000 km. Walaupun nantinya akan kembali tergantung dari penggunanya. Untuk memastikan apakah kanvas rem perlu diganti atau belum adalah dengan cara mencoba menginjak pedal rem. Apabila pada kegiatan penginjakan haram tersebut terasa agak dalam maka kanvas rem mobil tersebut sudah tipis dan perlu untuk diganti.
  2. Bagian kedua yang perlu dilakukan pengecekan adalah bagian kopling. Secara umum bagian kopling ini harus diganti setiap 70.000 km. Lebih cepat sebelum mencapai angka tersebut maka lebih baik. Pada beberapa mobil yang perlu diganti ketika kilometer sudah menunjukkan angka 50 ribu sampai dengan 60.000. Namun yang menjadi patokan lagi adalah proses dari penggunaan mobil itu sendiri. Apabila kita berkendara dengan baik lengkap dengan proses penginjakan pedal rem yang baik juga maka kopling akan lebih awet.
  3. Langkah selanjutnya adalah proses pengecekan oli. Gantilah oli mobil anda sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan. Penggantian oli ini bisa dilakukan setiap 5.000 kilometer. Gantilah oli mobil anda secara teratur guna mendapatkan performa mesin baik dan juga akan lebih mengawetkan kondisi mesin itu sendiri.
  4. Pengecekan oli transmisi juga perlu dilakukan setelah kita selesai mudik. Pengecekan oli transmisi ini bisa dilakukan setiap 40.000 km. Namun sebenarnya penggantian oli transmisi bisa lebih jauh lagi karena kualitas oli transmisi untuk jaman sekarang ini sudah cukup bagus.
  5. Langkah yang terakhir adalah pengecekan bagian kaki-kaki kendaraan mobil anda. Lakukan beberapa pengecekan pada bagian shock beker dan bagian yang lainnya yang termasuk unit kaki-kaki mobil. Apalagi jika mobil anda digunakan untuk mengangkut beban yang cukup berat, pengerjaan pengecekan bagian ini wajib untuk dilakukan.

Demikianlah tutorial singkat mengenai beberapa hal yang perlu dilakukan pengecekan pada mobil anda setelah mudik. Mudah-mudahan beberapa tahap di atas bisa anda praktekan, dan anda selalu mendapatkan mobil dalam kondisi prima dan selalu siap untuk digunakan kemana saja. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Hal Yang Perlu Di Cek Pada Mobil Setelah Mudik was last modified: November 26th, 2015 by admin