Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Membeli Sepeda Motor Bekas

By | October 31, 2015

Hal yang perlu dilakukan ketika membeli sepeda motor bekas – Membeli sepeda motor bekas tentunya lebih sulit dibandingkan dengan membeli sepeda motor baru. Membeli sepeda motor bekas bisa saja membeli masalah dari pemilik sepeda motor lama. Oleh sebab itu banyak sekali hal yang harus dilakukan pada saat kita membeli sepeda motor bekas. Hal tersebut tentunya bertujuan supaya kita tidak salah beli dan kita bisa mendapatkan sepeda motor bekas namun memiliki kualitas yang masih bagus.

Banyaknya tindak kecurangan yang dilakukan oleh penjual sepeda motor bekas membuat para pembeli sepeda motor bekas menjadi lebih berhati-hati dalam menentukan pilihan. Memang hal tersebut bukanlah menjadi rahasia umum ketika penjual sepeda motor bekas menutupi kekurangan yang ada pada sepeda motor yang hendak dijualnya. Sebagai pembeli tentunya juga sangat mengharapkan sepeda motor yang nantinya didapat merupakan sepeda motor yang masih dalam kondisi bagus.

Oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba menjabarkan beberapa hal yang perlu dilakukan ketika kita membeli sepeda motor dalam kondisi bekas. Tujuannya supaya anda bisa menentukan pilihan dan mendapatkan sepeda motor idaman.

Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Membeli Sepeda Motor Bekas

Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Membeli Sepeda Motor Bekas

Di bawah ini adalah hal yang perlu dilakukan ketika kita hendak membeli sepeda motor bekas:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan harga pasaran akan merk dan tahun pembuatan sepeda motor yang sedang dicari. Pastikan anda bisa mendapatkan harga penawaran yang tidak jauh berbeda dengan harga yang anda dapatkan pada proses pengecekan. Anda bisa menggunakan media internet untuk mencari informasi mengenai harga dari sepeda motor bekas.
  2. Melakukan pengecekan nomor mesin dan nomor rangka pada sepeda motor. Pastikan bahwa nomor mesin dan nomor rangka yang tertera pada stnk sama dengan hasil pengecekan nomor mesin dan nomor rangka yang anda lakukan.​ apabila ternyata ada perbedaan antara hasil pengecekan dengan yang tertera pada stnk, maka lebih baik anda mengurungkan niat untuk membeli sepeda motor bekas tersebut.
  3. Lakukan pengecekan kondisi fisik pada sepeda motor. Pengecekan fisik pada sepeda motor bekas tersebut meliputi bagian body, spion, berbagai macam baut, kondisi cat, dan berbagai macam kondisi lainnya yang bisa anda jangkau dan anda amati langsung pada sepeda motor bekas tersebut.
  4. Lakukan juga pengecekan terhadap tap mesin sepeda motor bekas jika perlu anda membuka penutup tap pada mesin sepeda motor. Perhatikan jumlah volume dari tap yang ada di dalam mesin tersebut. Apabila jumlahnya banyak dan melebihi dari ukuran normal dimungkinkan ada penambahan volume oli mesin guna meredam suara yang ditimbulkan oleh bunyi suara mesin yang kasar atau berisik.
  5. Periksa jarak tempuh yang sudah dilalui sepeda motor tersebut pada spedometer. Pastikan bahwa tidak ada manipulasi angka yang ada di spedometer. Hal tersebut didirikan dengan masih utuh nya kabel speedometer yang menuju ke bagian roda depan. Carilah sepeda motor bekas yang memiliki jarak tempuh masih sedikit. Apabila jarak tempuh yang ada pada speedometer sepeda motor bekas tersebut sudah cukup tinggi, maka dimungkinkan setelah itu anda harus melakukan banyak perbaikan pada berbagai macam bagian sepeda motor tersebut.
  6. Melakukan pengecekan dengan cara menghidupkan mesin sepeda motor. Perhatikan suara yang dikeluarkan oleh mesin, termasuk adalah stasioner ataupun langsamnya. Apabila kondisi sepeda motor masih dalam keadaan normal, langsam akan berputar dengan stabil pada angka kurang dari 1500 rpm.
  7. Setelah itu cobalah anda kendarai sepeda motor tersebut. Melakukan perpindahan gigi dan rasakan apakah proses perpindahan gigi tersebut halus atau kasar. Apabila proses perpindahan gigi terasa kasar maka sepeda motor tersebut sudah mempunyai masalah pada bagian kopling. Lebih baik anda urungkan untuk membeli sepeda motor bekas tersebut.
  8. Langkah berikutnya adalah mengecek secara visual kondisi sasis dan rangka pada sepeda motor. Perhatikan kelurusan dari ban depan serta ban belakang pada sepeda motor. Apabila kondisi sepeda motor masih bagus dan belum pernah mengalami kecelakaan atau tabrakan, maka posisi dari ban belakang, slebor dan ban depan akan lurus.
  9. Lakukan juga pengecekan kebocoran tap pada mesin maupun bagian blok. Biasanya tap akan merembes pada suhu mesin yang sudah cukup panas. Oleh sebab itu lebih baik anda mencoba untuk menghidupkan sepeda motor tersebut dengan durasi yang cukup lama. Minimal kondisi mesin sudah cukup panas. Perhatikan apakah pada bagian blok depan sepeda motor terjadi perembesan pelumas atau tidak.
  10. Langkah selanjutnya adalah proses pengecekan bagian kelistrikan pada sepeda motor. Cara melakukan hal tersebut tentunya dengan mencoba seluruh bagian kelistrikan pada sepeda motor, mulai dari menyalakan lampu utama, lampu sein, klakson, serta pedal rem.
  11. Bagian selanjutnya yang perlu dicek adalah bagian roda. Perhatikan apakah pelek roda yang masih dalam kondisi lurus atau tidak. Di samping itu perhatikan pula apakah ban sepeda motor tersebut masih dalam kondisi utuh atau adanya benjolan.
  12. Dan bagian yang terakhir minta izin kepada penjual untuk melakukan test ride. Hal tersebut tentunya bertujuan supaya kita bisa merasakan apakah kita bisa merasa nyaman ketika berkendara menggunakan sepeda motor tersebut. Apabila ternyata kita memang sudah merasa nyaman dan enak menggunakan sepeda motor tersebut, maka kita bisa melanjutkan untuk proses pembayarannya.

Demikianlah pembahasan mengenai hal apa saja yang perlu kita lakukan pada saat kita mencari ataupun hendak membeli sepeda motor dalam kondisi bekas. Mudah-mudahan tutorial diatas yang cukup panjang bisa memberikan tambahan wawasan bagi anda sekalian, terutama bagi anda yang sekarang sedang mencari referensi tentang sepeda motor bekas. Terima kasih dan salam sukses untuk anda.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Membeli Sepeda Motor Bekas was last modified: October 27th, 2015 by admin