Ini Dia Cara Instal Windows 7 Dengan USB

By | April 4, 2017

Cara instal windows 7 dengan usb mulai banyak dicari oleh orang utamanya pengguna aktif laptop atau komputer jinjing. Menggunakan usb sebagai salah satu alat untuk menyetel ulang windows di komputer Anda adalah salah satu cara alternatif yang paling banyak dan di cari. Hal ini karena menggunakan usb lebih ringan, simpel, dan tidak ribet, selain itu juga sangat fleksibel. Sebelumnya apabila ingin melakukan penginstalan ulang windows, Anda diharuskan menggunakan CD atau DVD namun melihat saat ini telah banyak diproduksi perangkat eletronik yang lebih canggih dan lebih efektif dalam bentuk dan kegunaan seperti tablet sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan penginstalan dengan menggunakan CD/DVD.

Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk Secara Manual

Sehingga satu-satunya cara yang diambil adalah dengan melakukan penginstalan menggunakan USB Flash Drive. Kelebihan saat melakukan penyetelan dengan USB Flash adalah kecepatan proses. Proses yang dijalankan dengan USB Flash Disk ternyata jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan CD/DVD. Akan tetapi cara instal windows 7 dengan usb tidaklah semudah yang dibayangkan . Anda perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar proses penginstalan dapat berjalan dengan lancar. Anda harus membuat file dan bootable dengan software tertentu. Cara menginstal windows 7 lewat usb haruslah dilakukan dengan menyiapkan beberapa hal berikut.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan saat menginstall menggunakan USB Flash Disk

Cara instal windows 7 dengan usb perlu menyiapkan terlebih file khusus untuk windows yang Anda buat dalam ekstensi ISO. Untuk membuat file windows Anda terlebih dahulu harus mendownload windows ISO versi terbaru yang bisa Anda dapatkan dengan terlebih dahulu membuat akun Microsoft atau jika memang sudah terdaftar dalam akun Microsoft maka Anda dapat langsung login. Namun jika Anda menginstal versi lain maka Anda bisa mencarinya di mesin pencarian informasi online. Setelah itu sediakan USB Flash Disk dengan besar muatan 4 GB dan 8 GB dengan kecepatan 64 bit. Lalu download Refuse Bootable Tools.

Cara Melakukan Penginstalan Windows 7 dengan USB

Cara instal windows 7 dengan usb yang pertama adalah membuat bootable dengan refuse bootable software dengan jalan mencolokkan flashdisk usb port. Setelah membuka refuse bootable software, Anda dapat membuat bootable dengan windows ISO yang sudah Anda download juga. Pengaturan Anda biarkan default lalu klik start.

Cara menginstal windows 7 lewat usb selanjutnya adalah mengatur BIOS agar booting dari USB. Men-setting BIOS agar booting dari USB adalah dengan terlebih dulu memasang USB Bootable yang sudah dibuat ke dalam USB port di perangkat elektronik Anda. Setelah itu lakukan restart. Setelah Anda mengatur setting BIOS Anda memilih flashdisk sebagai perangkat booting Anda lalu tekan F10 untuk menyimpan settingan yang telah Anda buat dan tekan enter sebagai konfirmasi perubahan setting.

Setelah Anda selesai melakukan hal di atas maka perangkat eletronik Anda akan otomais melakukan restart dan membaca file master windows yang telah Anda buat. Cara instal windows 7 dengan usb selanjutnya adalah proses instalasi windows. Ini adalah langkah terakhir saat menginstall windows. Anda melakukan restart dengan USB Flashdisk yang masih terpasang yang akan otomatis melakukan booting dan memulai instalasi Windows.

Tunggulah hingga logo muncul pada layar dan proses menginstal dimulai. Selanjutnya Anda dapat memilih bahasa pada sistem operasi yang Anda jalankan. Akan muncul tombol instal now yang dapat Anda klik, Anda harus mencentang tombol yang menunjukkan persetujuan Anda terhadap seluruh persyaratan yang diajukan setelah itu yang perlu Anda lakukan hanyalah menunggu proses instalasi selesai dengan sempurna.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Ini Dia Cara Instal Windows 7 Dengan USB was last modified: March 31st, 2016 by admin