Inilah Penyebab Ban Sepeda Motor Menjadi Benjol

By | November 4, 2015

Inilah Penyebab Ban Sepeda Motor Menjadi Benjol – Ban yang benjol pada sepeda motor tentunya akan membuat pengendara menjadi tidak nyaman. Selain tidak aman karena ada potensi ban meletus, penggunaan ban benjol pada sepeda motor tentunya akan membuat penggunaan sepeda motor menjadi kasar dan terasa tidak rata. Walaupun sebenarnya jalan yang dilalui sudah rata ataupun halus.

Ban sepeda motor yang benjol juga tentunya akan sangat berbahaya bagi pengguna yang sering memacu kendaraannya dengan kecepatan yang cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan sepeda motor yang dipadu dengan kecepatan yang tinggi namun dalam kondisi penting maka akan lebih sulit untuk dikendalikan. Bahkan sangat dimungkinkan untuk terjadinya oleng. Oleh sebab itulah ban sepeda motor harus tetap kita rawat dan kita jaga supaya benjolan pada ban sepeda motor tidak muncul.

Ban sepeda motor yang benjol tentunya muncul karena disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Dengan mengetahui penyebab ban sepeda motor menjadi benjol maka tentunya kita bisa berusaha untuk menghindari berbagai macam penyebab tersebut. Minimal kita bisa mengurangi berbagai macam kondisi berkendara yang berpotensi membuat ban sepeda motor menjadi benjol.

Inilah Penyebab Ban Sepeda Motor Menjadi Benjol

Inilah Penyebab Ban Sepeda Motor Menjadi Benjol

Berikut ini adalah hal yang perlu kita lakukan supaya ban sepeda motor tidak menjadi benjol:

  1. Kurangi proses pengereman secara sembarangan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pada saat kita menemukan lubang yang cukup besar dan dalam di jalan raya maka pastinya kita akan mengerem secara mendadak. Hal tersebutlah yang paling berpotensi membuat badan menjadi benjol karena tumpuan bobot dari sepeda motor berkonsentrasi atau terpusat pada satu titik pada posisi seperti itu tentunya akan membuat lapisan kawat pada ban menjadi rusak atau bahkan putus. Oleh sebab itulah kita harus bisa mengurangi proses pengereman yang secara mendadak dan sembarangan dengan cara selalu waspada dan berhati-hati di jalan raya. Gunakan kecepatan yang bisa ditoleransi dan gunakan proses pengereman yang halus serta tidak mendadak.
  2. Tekanan ban usahakan selalu diperiksa secara teratur dan kontinyu. Apabila tekanan udara pada ban dirasa terlalu keras maka kita bisa mengurangi. Begitu juga sebaliknya. Anda bisa merasakan tekanan ban yang tidak sesuai pada saat berkendara. Apabila tekanan ban terlalu keras, maka pada proses berkendara kita akan terasa terlalu kasar dan tidak harus. Begitu juga pada saat tekanan ban terlalu lemah, dimana biasanya kita akan dibebani dengan perasaan motor terasa berat bahkan pada saat membelok setang terasa berat untuk diputar.
  3. Batasi kecepatan maksimum pada penggunaan sepeda motor. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi supaya kita lebih waspada dalam menghadapi berbagai macam kondisi jalan. Apa lagi apabila kita belum atau jarang lewat pada sebuah jalan tertentu. Gunakan batas aman kecepatan sehingga anda bisa melakukan pengereman secara halus dan tidak mendadak.
  4. Apabila terpaksa ban sudah benjol maka gantilah secara ban tersebut dengan yang baru. Hal tersebut dikarenakan apabila benjolan pada sebuah pun sudah muncul, maka biasanya apabila dibiarkan akan membuat benjolan pada bagian yang lainnya. Semakin banyak benjolan pada ban tentunya akan semakin tuliskan dan berbahaya untuk digunakan oleh sebab itulah supaya kita berkendara dalam kondisi yang aman dan nyaman maka sebaiknya anda segera mengganti ban sepeda motor apabila sudah muncul benjolan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai penyebab ban sepeda motor menjadi benjol dan apa saja yang harus dihindari supaya ban sepeda motor yang kita gunakan selalu awet dan nyaman serta tidak ada benjolan. Terima kasih atas kunjungan anda dan salam sukses untuk anda.

 

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Inilah Penyebab Ban Sepeda Motor Menjadi Benjol was last modified: October 27th, 2015 by admin