Inilah Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Berkendara Sepeda Motor

By | November 17, 2015

Inilah persiapan yang harus dilakukan sebelum berkendara sepeda motor – Kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara sepeda motor merupakan hal penting dan utama yang harus didapat oleh kita semuanya. Persiapan yang baik dan benar tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kedua hal tersebut. Oleh sebab itulah ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum kita mulai berkendara sepeda motor.

Teknik yang tidak benar atau persiapan yang kurang memadai tentunya akan sangat berpengaruh terhadap performa kita di jalan raya. Kadangkala karena kurangnya persiapan akan membuat kita menjadi tidak nyaman berkendara, termasuk adalah pada saat kita menempuh jarak yang cukup jauh di mana kadang kala di tengah perjalanan ada rahasia dari pihak kepolisian.

Inilah Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Berkendara Sepeda Motor

Inilah Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Berkendara Sepeda Motor

Apa saja persiapan yang harus kita lakukan sebelum kita mulai berkendara menggunakan sepeda motor? Berikut ini adalah ulasan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum anda berangkat naik sepeda motor.

  1. Melakukan pemanasan tubuh. Hal tersebut bertujuan supaya pada saat kita mengendarai sepeda motor maka kondisi tubuh kita sudah siap dan tidak tegang lagi.
  2. Melakukan pemanasan pada kendaraan. Tujuannya adalah agar seluruh bagian mesin pada sepeda motor bisa terlumasi oleh pelumas. Gambar sapu tumbuhnya akan membuat kondisi mesin lebih awet.
  3. Lakukan pemeriksaan pada tekanan angin di ban. Pastikan bahwa tekanan angin yang ada di ban sudah sesuai, tidak terlalu keras dan tidak pula terlalu lemah. Apabila tekanan udara yang ada di ban terlalu lemah akan menyebabkan pengendalian lebih sulit.
  4. Cek kondisi rem. Lakukan beberapa kali uji coba kegiatan pengereman sebelum kita berangkat berkendara. Pastikan bahwa rem roda depan dan roda belakang benar-benar pakem.
  5. Periksa juga kondisi lampu baik lampu utama, lampu rem, maupun lampu sein. Hal tersebut tentunya bertujuan agar mempermudah kita dan pengendara lain di jalan raya supaya tidak salah tafsir. Jangan lupa untuk selalu menyalakan juga lampu utama sesuai dengan peraturan.
  6. Pastikan kaca spion sudah benar posisinya dan bisa berfungsi sesuai mestinya. Cobalah tengok ke belakang dengan cara melihat kaca spion. Apabila objek yang ada di belakang anda terlihat dengan jelas maka berarti kaca spion sudah berfungsi sesuai dengan perannya. Apabila belum maka anda bisa melakukan setting supaya kaca spion tersebut bisa digunakan untuk melihat objek yang ada di belakang sepeda motor kita.
  7. Periksa volume ban bakar yang ada di tangki sepeda motor kita. Pastikan bahwa ban bakar yang ada di dalam tangki sudah cukup untuk menempuh perjalanan yang sudah direncanakan. Minimal sudah cukup menuju ke pom bensin untuk diisi ulang berhenti tentunya apabila volume yang ada di dalamnya sudah tinggal sedikit.
  8. Gunakan helm yang sesuai dengan standar nasional atau sering disebut dengan istilah sni. Helm yang sudah berstandar nasional tentunya lebih aman untuk digunakan. Apabila secara tidak sengaja kita mengalami kecelakaan, helm berstandar sni juga tentunya akan sangat mengamankan kondisi kepala kita.
  9. Apabila memungkinkan gunakan masker. Masker tersebut tentunya bertujuan untuk menyaring kondisi jalan raya yang kadang sangat pekat polusinya yang berasal dari asap kendaraan yang lain. Di samping itu juga tentunya masker bertujuan guna menghalangi debu supaya tidak langsung menempel di muka kita.
  10. Gunakan pakaian yang safety riding. Minimal anda bisa menggunakan jaket supaya angin tidak langsung mengenai kulit anda. Apalagi jika anda sering bepergian menempuh jarak yang cukup jauh, usahakan untuk menggunakan pakaian yang memang benar-benar mengamankan tubuh anda dari terpaan angin.
  11. Jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan administrasi sepeda motor yaitu sim dengan stnk. Apabila anda membawa kedua dokumen tersebut tentunya anda sudah tidak perlu was-was lagi apabila nantinya di tengah jalan menemukan adanya operasi dari pihak polisi lalu lintas.
  12. Jangan lupa juga untuk membawa jas hujan. Hal tersebut sebagai tindakan pencegahan apabila nantinya di tengah jalan turun hujan, kita tetap bisa melanjutkan perjalanan dengan mengenakan jas hujan tersebut. Apabila kita lupa membawa jas hujan maka apabila terjadi hujan di tengah jalan, maka kita tentu harus meneduh terlebih dahulu sambil menunggu hujan reda. Tentunya hal tersebut akan membuat kita kehilangan waktu.
  13. Dan hal yang terakhir dan sangat penting adalah berdoa. Berdoalah kepada tuhan supaya kita selamat dalam menempuh perjalanan di jalan raya.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai macam persiapan yang harus dilakukan sebelum kita mulai berkendara menggunakan sepeda motor. Mudah-mudahan berbagai macam poin di atas bisa menambah pengetahuan kita dan tentunya bisa kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Inilah Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Berkendara Sepeda Motor was last modified: October 27th, 2015 by admin