Instruksi Singkat Cara Menginstal Windows Xp Dengan Flashdisk Bootable

By | November 6, 2016

Instalasi windows xp yang normal biasanya dilakukan dengan menggunakan bantuan cd. Hal itu mudah-mudah saja dilakukan jika perangkat yang akan anda install memang memiliki cd room misalnya seperti pada laptop atau komputer. Akan tetapi bagaimana jika misalnya perangkat anda adalah netbook yang tidak memiliki cd room, seperti netbook misalnya? Salah satu solusinya tentu saja adalah anda bisa mempraktekkan cara menginstal windows xp dengan flashdisk. Hal itu sebenarnya sangat mudah sehingga bisa anda pelajari dalam waktu singkat.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Xp

Solusi yang selama ini biasanya diambil oleh orang-orang adalah dengan melakukan instalasi menggunakan bantuan cd room eksternal. Pilihan semacam ini juga bisa anda pertimbangkan sepanjang anda memang memiliki akses pada siapapun yang memiliki cd room eksternal atau justru anda memilikinya sendiri. Akan tetapi jika anda buntu dan tak menemukan bantuan untuk mendapatkan cd room eksternal, cara menginstal windows xp dengan flashdisk jelas merupakan solusi yang lebih bisa anda andalkan untuk meneruskan proses instalasi perangkat anda.

Tips Gampang Instalasi Windows XP dengan Flashdisk

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebagai bagian dari cara menginstal windows xp dengan flashdisk adalah dengan menjadikan flashdisk anda bootable. Itu bisa dilakukan dengan manual ataupun supaya lebih mudah dengan menggunakan software misalnya software rufus. Selain itu, anda juga jelas akan membutuhkan file iso yang anda dapatkan dari installer untuk windows xp. Penting untuk memperhatikan juga bahwa untuk menjadikan flashdisk anda bootable, anda membutuhkan flashdisk yang kosong sama sekali. Ini merupakan langkah awal install windows xp dengan flashdisk.

Jika sudah selesai, anda bisa memulai proses instalasi. Pertama anda tinggal menancapkan flashdisk anda. Kemudian setelah itu, masuklah ke halaman boot. Jika anda sudah pernah melakukan instalasi menggunakan cd sebelumnya, maka anda akan menemukan pilihan yang sedikit beda pada jendela boot. Pilihan itulah yang anda ambil sebagai praktek dari cara menginstal windows xp dengan flashdisk. Selanjutnya anda tinggal melakukan langkah-langkah yang sama dengan jika anda menggunakan cd windows.

Proses pembuat flashdisk bootable ini akan memakan waktu yang lama juga. Demikian pula satu hal yang juga harus diperhatikan dari cara menginstal windows xp dengan flashdisk adalah waktu yang dibutuhkan yang sedikit lama. Hal itu merupakan hal yang wajar mengingat perangkat yang anda gunakan. Tentunya anda juga harus lebih berhati-hati dalam berbagai stepnya terutama yang berkaitan dengan hal-hal urgen semacam pembagian partisi. Kemungkinan eror yang terjadi saat anda menggunakan flashdisk juga sebenarnya lebih besar maka dari itu sangat penting bagi anda untuk menjaga flashdisk anda saat proses membuatnya menjadi bootable supaya tidak terkontaminasi virus.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca: