Kelebihan Dan Kekurangan Windows 10

By | September 5, 2015

Kelebihan Dan Kekurangan Windows 10 – Windows 10 adalah salah satu sistem operasi dari microsoft yang memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Merujuk dari sistem operasi windows sebelumnya, yaitu windows 8.1, Windows 10 diharapkan mampu mengatasi berbagai macam kekurangan yang ada. Namun ternyata sempurna apapun sistem operasi Windows 10, tetap saja memiliki kekurangan dan keterbatasan. Kekurangan dan keterbatasan pada Windows 10 tersebutlah yang kadang membuat para penggunanya merasa kurang nyaman dalam menggunakan Windows 10

Apabila kita tengok lebih jauh sebenarnya sistem operasi Windows 10 buatan microsoft ini hadir dengan cita rasa yang berbeda. Di samping itu ditambahkan pulang berbagai macam fitur baru serta perbaikan pada beberapa kekurangan yang ditemukan pada versi windows sebelumnya. Namun pepatah mengatakan tak ada gading yang tak retak, sesempurna apapun pihak microsoft dalam membuat sistem operasi Windows 10 tetap saja ditemukan beberapa kekurangan, terutama para pengguna sistem operasi Windows 10 dimana frekuensi penggunaannya cukup tinggi di kehidupan sehari hari.

Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Windows 10 tersebut juga sebenarnya memiliki sifat relatif. Artinya, kekurangan Windows 10 bisa jadi merupakan sesuatu yang biasa pada orang ataupun pengguna dimana pengguna tersebut tidak mengetahui ataupun tidak membutuhkan fitur yang memiliki kekurangan tersebut. Namun pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengambil secara umum bagian dari kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh Windows 10. Berikut adalah ulasannya.

Kelebihan Dan Kekurangan Windows 10

Sejumlah kekurangan yang dimiliki oleh Windows 10:

  1. Windows 10 kelihatannya dibuat dan ditujukan untuk para pengguna komputer kelas mahir, artinya pengguna Windows 10 yang dibidik merupakan para pengguna yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi berbasis windows sekaligus pengguna yang sering melakukan otak atik terhadap sistem operasi windows tersebut. Disamping itu, pengguna yang ditawarkan oleh microsoft untuk dijadikan sebagai pengguna Windows 10 adalah mereka yang senang melakukan modifikasi pada sistem operasi windows. Jadi tidak mengherankan ketika banyak pengguna awal dari sistem operasi Windows 10 yang merasa kesulitan dalam mengoperasikan komputernya. Bahkan tidak jarang banyak yang kembali menggunakan sistem operasi windows 8 windows 7 setelah mereka mencicipi sistem operasi Windows 10.
  2. Terlalu minim akan fitur yang bisa digunakan di kehidupan sehari hari. Hal tersebut cukuplah masuk akal disebabkan beberapa fitur utama yang sebelumnya ada di windows8 dihilangkan. Memang pada Windows 10 masih ada fitur yang tetap dipertahankan, seperti windows media player, main, standar dan beberapa aplikasi bawaan yang lainnya. Namun tetap saja fitur fitur yang sebenarnya diperlukan pada sistem operasi Windows 10 dihilangkan. Oleh sebab itulah para pengguna awal dari Windows 10 harus mencari software baru yang diperlukan tersebut.
  3. Pada versi Windows 10 dirasakan performa yang cukup berat. Apabila Windows 10 dengan windows 8 diinstall pada komputer dengan spesifikasi yang sama, performa Windows 10 akan jauh tertinggal dibandingkan dengan performa dari windows 8. Hal tersebut yang menyebabkan para pengguna untuk berpikir dua kali dalam memilih Windows 10 sebagai sistem operasi yang digunakan di komputernya. Apalagi bagi mereka yang suka bekerja dengan komputer cepat, maka mereka tentunya tidak ingin pekerjaan mereka terlambat cara menggunakan komputer dengan sistem operasi yang berjalan terlalu pelan.
  4. Tidak ada fitur untuk menonaktifkan windows update pada Windows 10. Windows update memang memiliki fungsi yang sangat bagus. Windows update akan selalu menjaga supaya kondisi sistem operasi Windows 10 selalu terjaga dan selalu tetap pada posisi puncaknya. Namun ternyata karena fitur windows update pada Windows 10 tidak bisa dimatikan maka akan berakibat pada penggunaan kuota internet yang semakin tinggi. Bahkan banyak kasus dimana penggunaan mengalami kuota internet yang jebol.
  5. Karena banyaknya kekurangan yang dimiliki oleh Windows 10 pada versi final yang pertamanya, maka sangat dimungkinkan akan terjadi perubahan yang cukup besar pada Windows 10 update terbarunya beberapa bagian dari sistem operasi Windows 10 menjadi kurang maksimal dalam penggunaannya. Bahkan tidak menutup kemungkinan nantinya akan terjadi perubahan yang cukup besar pada operasi Windows 10. Hal tersebutlah yang mengakibatkan Windows 10 akan selalu berubah.

Itulah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Windows 10. Disamping banyaknya kekurangan yang dimiliki oleh Windows 10, ternyata Windows 10 juga membawa banyak perubahan yang tentunya perubahan tersebut merupakan kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10 yang disediakan oleh microsoft. Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10 tersebut? Berikut adalah ulasannya:

  1. Dimunculkannya kembali start menu, dimana start menu tersebut merupakan salah satu keunggulan dari fitur yang dimiliki oleh sistem operasi windows. Namun sayangnya ketika windows ada di versi 8, start menu yang menjadi favorit bagi penggunanya dihilangkan. Hal tersebut yang menyebabkan pengguna setia windows mengalami kesulitan dalam mengoperasikan komputer. Banyak sekali masukan yang diberikan kepada microsoft supaya start menu dikembalikan lagi. Dan ternyata microsoft memberikan jawaban yang cukup menyenangkan. Menutup kembalikan pada Windows 10. Dengan adanya start menu, pengguna akan lebih cepat dalam memanggil aplikasi yang sudah terinstal di komputer.
  2. Adanya fitur cortana yang merupakan salah satu fitur unggulan pada Windows 10. Fitur cortana ini fungsinya mirip dengan fitur siri pada iphone. Dengan menggunakan fitur cortana maka kita bisa melakukan ataupun memberikan perintah pada komputer menggunakan suara. Tentunya fitur tersebut sangatlah baik efektif bagi para pengguna komputer. Fitur cortana tersebut digadang-gadang bakal menjadi fitur unggulan yang dimiliki oleh Windows 10. Apalagi pada versi windows sebelumnya fitur cortana belumlah ada.
  3. Windows 10 bisa digunakan untuk menampilkan beberapa aplikasi di dalam satu layar. Hal tersebut tentunya akan membuat para pengguna komputer menjadi lebih nyaman di dalam bekerja. Apalagi berbagai macam aplikasi yang terbuka akan terlihat lebih rapi dan mudah untuk digunakan. Dengan adanya fitur tersebut juga akan membuat para pengguna Windows 10 lebih mudah memantau aplikasi apa saja yang sedang berjalan.
  4. Windows 10 membawa fitur baru yang bernama multiple desktop. Dengan adanya fitur multiple desktop, maka pengguna Windows 10 bisa membuka banyak aplikasi di banyak desktop yang masing masing isinya berbeda. Dengan mengatur beberapa aplikasi muncul di desktop yang berbeda, maka pengguna komputer tentunya akan lebih mudah dalam memanage sekaligus mengatur aplikasi yang sedang digunakan. Dan tentunya fitur multiple top tersebut sangat mudah untuk digunakan. Pengguna Windows 10 cukup terbantu dengan adanya fitur multiple desktop ini.
  5. Windows 10 bisa dijalankan di berbagai macam perangkat. Oleh sebab itu Windows 10 juga disebut sebagai sistem operasi untuk seluruh perangkat, mulai dari smartphone, tablet, netbook sampai dengan notebook. Punya kompatibilitas hardware pada Windows 10 sudahlah sangat baik. Dan kedepan bisa dipastikan Windows 10 akan berkembang cukup cepat, hal tersebut dikarenakan pengguna dalam sistem operasi Windows 10 akan selalu bertambah.

Demikianlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sistem operasi Windows 10. Berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10 tentunya akan menjadi nilai tambah bagi para pecinta sistem operasi Windows 10. Begitu juga sebaliknya, kekurangan yang dimiliki oleh kesepuluh mudah-mudahan bisa menjadi sebuah alat guna selalu mengembangkan sistem operasi Windows 10 supaya lebih baik lagi. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga dengan adanya artikel tersebut wawasan kita akan bertambah.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Kelebihan Dan Kekurangan Windows 10 was last modified: September 5th, 2015 by admin