Langkah dan cara menghilangkan jamur pada lemari

By | November 11, 2015

Kegiatan menghilangkan jamur pada lemari biasanya dilakukan di musim penghujan. Hal tersebut lantaran di musim penghujan kondisi udara lembab dibandingkan pada saat musim kemarau. Kondisi yang lembab tentunya mempermudah proses timbulnya jamur terutama di lemari baik lemari pakaian ataupun lemari yang lainnya. Jamur pada lemari yang dibiarkan nantinya akan menyebabkan banyak permasalahan mulai dari warna lemari yang berubah menjadi putih dan keropos serta timbulnya aroma yang tidak sedap dari lemari itu sendiri.

Cara menghilangkan jamur pada lemari bisa dilakukan dengan berbagai macam langkah. Langkah-langkah tersebut yang nantinya akan saya bahas pada kesempatan kali ini. Sehingga anda bisa mencoba untuk memulai menghilangkan jamur pada lemari ada beberapa langkah yang bisa anda pilih satu demi satu dan nantinya bisa anda tunggu hasilnya. Apabila pada langkah pertama anda belum berhasil menghilangkan jamur pada lemari, maka anda bisa mencoba di langkah berikutnya.

Kegiatan menghilangkan jamur pada lemari juga tidak membutuhkan modal terlalu banyak. Pada kegiatan tersebut anda cukup menyediakan waktu yang cukup luang serta niat dan tenaga, karena pekerjaan untuk menghilangkan jamur pada lemari tentunya memerlukan berbagai macam modal tadi.

Berikut adalah langkah dan cara menghilangkan jamur pada lemari:

  1. Langkah pertama anda bisa memulai dengan selalu membuka jendela pada kamar yang di dalamnya ada lemari yang kemungkinan besar bisa tumbuh jamur di dalamnya. Hal tersebut bertujuan supaya udara didalam kamar tidak berubah menjadi lembab, sehingga pertumbuhan jamur pada lemari bisa diminimalisir. Ketika kita membuka jendela kamar maka udara didalam kamar tersebut akan berganti dengan udara segar dari luar sehingga kondisi udara di dalam kamar akan selalu terkontrol.
  2. Sebagai dasar atau alas pada lemari, anda bisa menggunakan lembaran papan kayu sebagai alas lemari. Tujuan dari penggunaan papan kayu tersebut adalah untuk menghalangi kelembaban udara yang berasal dari lantai langsung masuk ke dalam lemari. Dengan cara seperti itu tentunya udara lembab akan tertahan pada kayu alas tersebut, sehingga lemari selalu dalam kondisi kering dan jauh dari tumbuhnya jamur.
  3. Apabila jamur sudah terlanjur tumbuh atau muncul, maka anda bisa mencoba menghilangkan jamur tersebut dengan cara mengoleskan alkohol yang berkadar 70 hingga 80 persen. Cara menggunakannya adalah dengan menuangkan cairan alkohol ke kain bersih, lalu kain tersebut digunakan untuk mengelap lemari yang sudah ditumbuhi jamur tersebut. Tujuan dari penggunaan cairan alkohol tersebut adalah supaya proses pembersihan lemari cepat hilang baunya, karena alkohol merupakan cairan yang mudah untuk menguap.
  4. Penggunaan melamin atau pernis juga merupakan salah satu bagian yang bisa ditempuh untuk menghilangkan jamur pada lemari. Cara menggunakan kedua bahan tersebut juga cukup mudah, anda cukup mengencerkan salah satu dari dua bahan tersebut lalu menyapukannya lemari yang sudah ditumbuhi jamur. Setelah anda melapisi lemari yang ditumbuhi jamur menggunakan melamin atau pernis maka lemari tersebut akan kembali mengkilap.
  5. Lampu TL juga merupakan salah satu jenis lampu yang bisa mengurangi proses tumbuhnya jamur pada lemari.walaupun belum bisa dibuktikan secara ilmiah, cahaya yang berasal dari lampu TL bisa memperlambat proses tumbuhnya jamur pada lemari. Di samping itu penggunaan lampu TL juga akan mempercerah suasana karena lampu TL biasanya mengeluarkan cahaya berwarna putih sehingga cahaya tersebut menyerupai cahaya sinar matahari, sehingga nuansa didalam ruangan tersebut akan terasa segar.
  6. Dan langkah terakhir untuk menghilangkan jamur pada lemari apabila beberapa langkah diatas tidak berhasil adalah dengan cara melakukan pengecatan ulang. Cara ini merupakan cara paling akhir ketika kita sudah tidak berhasil lagi dalam kegiatan menghilangkan jamur pada lemari. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan cat dengan kualitas yang bagus, sehingga jamur pada lemari enggan untuk tumbuh kembali.

Demikianlah tutorial mengenai langkah dan cara menghilangkan jamur pada lemari, sehingga lemari di rumah anda akan selalu terjaga dalam kondisi yang segar dan baik. Apabila kondisi lemari dalam keadaan baik maka tentunya anda akan lebih nyaman dalam menyimpan berbagai macam barang di dalamnya. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Langkah dan cara menghilangkan jamur pada lemari was last modified: November 11th, 2015 by admin