Langkah Jitu Cara Memperbaiki RAM

By | January 7, 2015

RAM merupakan salah satu komponen penting di dalam sebuah komputer. RAM di dalam komputer berfungsi sebagai penyimpan data yang sifatnya sementara. Semakin tinggi kapasitas RAM membuat kinerja komputer semakin cepat. Akan tetapi, seiring dengan waktu penggunaan menyebabkan RAM alami kerusakan. Kerusakan yang muncul pada komputer belum tentu disebabkan oleh RAM yang rusak.namun bisa saja disebabkan oleh kondisi RAM yang belum sesuai.

Jika RAM pada komputer mengalami kerusakan, biasanya akan ditandai dengan beberapa gejala sebagai berikut:

  1. Komputer akan mengalami blue screen manakala komputer dihidupkan.
  2. Blue screen bisa muncul juga pada saat komputer tengah digunakan. Biasanya muncul pada saat komputer sedang membuka program dengan jumlah yang banyak dan membutuhkan kapasitas RAM yang lebih tinggi.
  3. Munculnya suara beep panjang dan berulang-ulang yang merupakan tanda bahwa komputer mengalami masalah pada saat booting.

Dengan mengetahui penyebab dari kerusakan RAM serta langkah memperbaiki nya tentu akan sangat bermanfaat dalam mengatasi kerusakan RAM tersebut. Dibawah ini adalah langkah jitu cara memperbaiki RAM yang bisa anda coba:

  1. Penyebab pertama timbulnya masalah RAM adalah di dalam casing komputer serta pada berbagai macam komponen didalamnya terlalu banyak menumpuk debu. Debu yang terlalu tebal pada komputer akan menyebabkan berbagai macam komponen mengalami distorsi. Termasuk salah satunya adalah RAM. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mencoba melepas RAM kemudian membersihkannya. Supaya proses pembersihan RAM bisa maksimal, anda bisa menggunakan penghapus pensil. Caranya, silahkan anda hapus kan pada bagian konektor RAM tersebut.
  2. Proses pemasangan RAM yang tidak tepat pada soketnya juga menyebabkan RAM tidak terdeteksi oleh komputer. Biasanya masalah tersebut muncul ketika kita menambahkan RAM ke dalam komputer. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan anda pasang RAM pada komputer dengan kuat supaya RAM tersebut benar-benar tertancap pada slot RAM.
  3. Tegangan listrik yang tidak stabil sangat berpengaruh terhadap umur RAM. Pada beberapa kasus, tegangan yang naik turun secara mendadak akan menyebabkan kerusakan pada RAM. Apalagi jika lonjakan tegangan yang terjadi cukup tinggi, bisa membuat overheat RAM. Cara mengatasi masalah tersebut, tentunya kita bisa menambahkan penstabil tegangan atau stabilizer.
  4. Penyebab kerusakan berikutnya adalah slot RAM itu sendiri. Terkadang, karena slot RAM sudah aus, maka RAM yang dipasang juga akan sulit untuk terdeteksi. Untuk mengatasi masalah tersebut yaitu kita pindah RAM pada slot yang lainnya. Hal tersebut bisa dilakukan karena biasanya slot RAM yang ada pada komputer disediakan lebih dari satu.

Sekian pembahasan saya mengenai langkah jitu cara memperbaiki RAM. Semoga tutorial diatas bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

  • Beberapa Jenis Kerusakan TV LG Dan Cara MemperbaikinyaBeberapa Jenis Kerusakan TV LG Dan Cara Memperbaikinya Televisi LG merupakan salah satu jenis televisi yang banyak dimiliki oleh masyarakat. Seiring dengan penggunaan tentunya televisi LG tersebut akan mengalami masalah atau kerusakan. Jenis […]
  • Cara Memperbaiki Motherboard Dengan MudahCara Memperbaiki Motherboard Dengan Mudah Motherboard bisa dikatakan sebagai sebuah tempat dimana seluruh komponen yang ada pada komputer terpasang​. Jika mata mengalami masalah atau rusak tentunya seluruh […]
  • Cara Memperbaiki Televisi Yang Mengalami Mati TotalCara Memperbaiki Televisi Yang Mengalami Mati Total Dengan adanya televisi kita bisa mendapatkan hiburan dari berbagai macam media. Namun apa jadinya jika TV kita mengalami kerusakan. Tentunya hal tersebut akan membuat […]
  • Cara Memperbaiki Baterai LaptopCara Memperbaiki Baterai Laptop ​Memiliki laptop namun dengan baterai yang rusak pastinya merupakan sebuah permasalahan sendiri. Baterai laptop yang rusak pastinya sebuah momok yang ditakutkan. Dan jika kebetulan baterai […]
Langkah Jitu Cara Memperbaiki RAM was last modified: January 7th, 2015 by admin