Menelisik cara partisi hardisk di Windows XP

By | February 5, 2017

Perkembangan teknologi belakangan ini memang sudah sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya pengguna ponsel pintar hingga komputer. Nah membicarakan tentang komputer pastinya anda sudah paham dengan perkembangannya dari waktu ke waktu. Tetapi banyaknya file penting yang dimiliki ternyata membuat banyak orang kebingungan untuk membaginya yang biasanya membuat hardisk menjadi penuh di salah satu tempat. Untuk itu kami akan memberikan beberapa cara partisi hardisk Windows XP yang mudah. Nah agar lebih lengkapnya maka langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bagaimana Cara Partisi Hardisk Windows 7

Tahapan mempartisi hardisk pada Windows XP

Sebelum melangkah lebih jauh untuk pembahasan kali ini, maka sebaiknya anda simak dahulu beberapa ulasan berikut ini. Partisi sendiri merupakan istilah untuk membagi-bagi kapasitas hardisk dalam komputer menggunakan aplikasi khusus, sehingga data penting anda akan selalu dalam kondisi aman. Nah melihat hal tersebut pastinya membuat anda semakin penasaran untuk segera mencoba cara partisi hardisk Windows XP tersebut. Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan melakukan partisi pada hardisk yang tentunya akan membuat ruang penyimpanan dalam komputer anda semakin luas. Untuk itu akan langsung kami berikan beberapa langkahnya di bawah ini.

Untuk langkah membagi ruang hardisk di Windows XP yang pertama yaitu memback up semua data penting, sebagai penjagaan karena file yang hilang tidak bisa dikembalikan lagi. Setelah melalui langkah pertama maka dalam cara partisi hardisk Windows XP selanjutnya yaitu langsung double klik pada jendela windows tepatnya pada my computer kemudian pilih manage. Setelah maka akan muncul computer management kemudian klik storage dan dilanjutkan dengan mengklik disk management. Jika proses berhasil maka akan tampil kapasitas hardisk dan partisinya yang kemudian anda bisa sesuka hati untuk mengaturnya sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika dalam beberapa cara partisi hardisk Windows XP di atas telah sukses, maka sekarang saatnya anda klik kanan tepat pada partisian kemudian pilih shrink volume. Anda diharuskan menentukan ukuran hardisk untuk kelancaran kemudian klik shrink. Jika proses tersebut berhasil maka akan muncul tampilan partisis hardisk yang belum mengalami format, untuk itu langsung klik kanan pada free space dan pilih new sample volume. Jika telah muncul tampilan jendela maka isi dengan nama hardisk tepat di volume label kemudian klik next. Setelah itu akan muncul jendela complite dan langsung klik finish, maka partisi hardisk anda sudah dapat digunakan.

Demikianlah pembahasan kami mengenai cara partisi hardisk Windows XP yang simpel. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda yang mungkin masih merasa kebingungan dengan kapasitas hardisk dalam komputer yang dimiliki. Hal terpenting dalam memulainya ikuti dengan benar langkah-langkahnya maka tentunya hardisk yang anda miliki bisa dibagi dengan baik. Selamat mencoba!

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Menelisik cara partisi hardisk di Windows XP was last modified: March 31st, 2016 by admin