Review, harga dan spesifikasi Samsung Galaxy J5

By | September 15, 2015

Review, harga dan spesifikasi Samsung Samsung Galaxy J5 – Awal juli 2015 lalu, Bolt! mengumumkan kerjasama dengan samsung dan menghadirkan program bundling bersama melalui Samsung Samsung Galaxy J5. Kolaborasi ini bertujuan agar Samsung Samsung Galaxy J5 mampu bekerja optimal, terutama saat menggunakan koneksi data berbasis 4g lte.

Review, harga dan spesifikasi Samsung Galaxy J5

Desain dan layar Samsung Galaxy J5

Tidak banyak yang berbeda pada Samsung Samsung Galaxy J5 dibanding kebanyakan smartphone keluaran mereka dari sisi desain. Bagi yang sering memantau perkembangan pesan samsung, Samsung Galaxy J5 memang terbilang monoton. Meski demikian Samsung Galaxy c5 nyaman digenggam.

Yang menonjol, hp ini mengunggulkan penggunaan layar yang menggunakan super amoled.layar jenis ini menghasilkan ketahanan yang lebih baik serta penampilannya yang lebih jernih dan tajam.

Mendukung dual sim, ke dua slot ditempatkan bersebelahan sedangkan slot kartu microSD diposisikan di atas kartu pertama. Kartu-kartu tersebut diletakkan berhimpitan dengan baterai sehingga anda harus mencabutnya terlebih dahulu jika ingin memasang ataupun mencabutnya.

Untuk membuka cover belakang, anda tinggal mencongkel celah yang terdapat pada sisinya menggunakan kuku. Cover berbahan plastik tersebut terasa rentan patah sehingga disarankan agar lebih berhati-hati saat mencongkelnya.

Interface dan multimedia  Samsung Galaxy J5

Menggunakan sistem operasi android 5.1.1 lollipop, kinerja nya cukup gesit. Berbasis ui touchwiz yang lebih minimalis, perpindahan antar aplikasi saat multitasking maupun antar halaman semua berjalan lancar.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, samsung hanya menyertakan sedikit bloatware pada Samsung Galaxy J5. Selain itu aplikasi bloatware yang disertakan terbilang menarik, diantaranya Samsung Galaxy apps dan Samsung Galaxy gift indonesia. Keduanya merupakan aplikasi yang khusus ditujukan bagi pengguna samsung.

Ada lagi s lime yang merupakan ebook rider online berbasis majalah digital, s planner untuk jadwal aktivitas harian, serta smart manajer guna meningkatkan kinerja.

Untuk keluaran suara yang lebih bagus, disertakan pengaturan pada bagian setting. Berbasis software, Samsung Galaxy J5 menyediakan opsi alif+ dan tube amp. Meski saat kami aktifkan, peningkatan kualitas pada keluaran suaranya tidak signifikan. Oh ya, opsi ini hanya aktif jika anda menggunakan earphone atau headset.

Kinerja Samsung Galaxy J5

Karena dibundling dengan layanan Bolt!, kami pun menilai kinerja yang ditawarkan. Menilai layanan Bolt! tidak bisa disamaratakan dengan seluruh area. Meski secara resmi Bolt! menegaskan jangkauannya ke wilayah jabodetabek dan banten namun pada kenyataannya hal tersebut masih belum merata. Tanggapan memang terlihat cukup baik pada area outdoor di beberapa wilayah. Namun akan menurun pada area area tertentu, terutama di dalam rumah ataupun gedung.

Sebagai contoh pada bagian dalam area kelapa gading mall, kami hanya mendapati kecepatan sekitar 2-3 Mbps pada download dan 1 Mbps pada upload. Namun hasilnya meningkat pada area parkir outdoor di mana mencapai 11,78 Mbps untuk download dan 3,29 untuk upload.

Dan hasil pengujian terkencang yang berhasil kami dapatkan berada pada area stasiun kereta sawah besar yang berhasil mencapai 24,55 Mbps pada download dan 5,0 Mbps pada upload. Begitu pula pada wilayah pancoran, pasar minggu yang mencapai 25,56 Mbps pada download dan 4,43 Mbps pada upload.

Bahkan untuk area pancoran kecepatan tersebut berhasil kami dapatkan dari dalam gedung salah satu perkantoran. Namun masih banyak pula beberapa area yang sama sekali tidak mendapat sinyal sekencang itu, bahkan beberapa diantaranya masih tidak mendapatkan sinyal sama sekali.

Dari sisi hardware, Samsung Samsung Galaxy J5 menggunakan prosesor qualcomm snapdragon 410 quad core 1,2 giga hertz yang ditandai dengan ram 1,5 gigabyte. Khusus bagi yang hobi bermain game, kami mewakilinya dengan memainkan beberapa game seperti asphalt 8 airborne, fifa 15, ufc, dan mortal kombat x. Semua bisa dimainkan dan dijalankan meski pada beberapa bagian terdapat pergerakan yang tersendat.

Kamera Samsung Galaxy J5

Samsung Galaxy J5 menggunakan kamera utama dengan resolusi maksimal 13 megapiksel. Terdapat 7 pilihan mode yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ingin dijepret. Jika ingin mengambil gambar pada ruangan dengan cahaya minim namun tidak ingin menggunakan lampu kilat, anda bisa memilih pengaturan secara manual melalui modem pro. Dari sini tersedia pengaturan yang terdiri dari exposure, iso, dan white balance.

Hasil jepretannya cukup baik dan perang, bahkan pada kondisi gelap hasilnya lumayan meski beberapa noise tidak bisa dihindari. Jangkauan lampu kilat nya cukup jauh dan melebar sehingga mampu menangkap objek dengan jelas pada jarak sekitar 5 meter.

Kamera depan juga menjadi salah satu daya tariknya. Berbekal resolusi 5 megapixel, telah dilengkapi pula dengan lampu led sehingga sangat membantu saat melakukan selfie ataupun aktivitas video call pada kondisi gelap. Kualitasnya cukup baik dan hanya berbeda tipis dengan hasil jepretan dengan kamera utama. Untuk mengakses kamera secara cepat, anda bisa menekan tombol home sebanyak dua kali.

Daya saing Samsung Galaxy J5

Smartphone yang cukup bagus dibundling dengan Bolt! yang menawarkan bonus hingga 14 gb tentu merupakan tawaran yang menarik. Bagi pengguna yang tidak mendapatkan jangkauan dari Bolt! tetap bisa menggunakan pilihan operator lain karena kedua sim tersebut bisa pula digunakan dengan operator lain. Opsi ini pun mesti dibayar dengan harga yang mahal. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Harga Samsung Galaxy J5

Smartphone Samsung Galaxy J5 pada saat keluar dibanderol dengan harga 2.799.000 rupiah. Sebuah angka yang cukup murah untuk sekelas smartphone Samsung Samsung Galaxy J5.

Demikianlah review singkat mengenai Samsung Galaxy J5.

Artikel Terkait Yang Perlu Anda Baca:

Review, harga dan spesifikasi Samsung Galaxy J5 was last modified: September 15th, 2015 by admin